Share

Fresh Graduate Paling Cocok Bekerja di Startup, Mengapa?

Agregasi Minggu 19 November 2017 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 320 1816049 fresh-graduate-paling-cocok-bekerja-di-startup-mengapa-AnXYeR7CQ2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Apakah Anda pernah mendengar startup? Perusahaan ini biasanya perusahaan yang baru saja dirintis dan biasanya masih dalam tahap penelitian serta pengembangan. Dalam artian, perusahaan ini bukanlah perusahaan profesional yang sudah mengembangkan sayapnya di mana-mana.

Belakangan ini perkembangan startup juga dibantu dengan adanya perkembangan teknologi. Tujuannya tak lain agar perusahaan baru dapat bertumbuh dan berkembang dengan cepat. Tentu saja dengan bantuan tenaga kerja di perusahaan tersebut.

Banyak orang yang mengatakan, startup sangat cocok diisi para fresh graduate. Sebab fresh graduate, termasuk orang yang masih minim pengalaman dalam bekerja. Dengan begitu, mereka lebih mudah untuk dibimbing dan diarahkan untuk mengembangkan perusahaan. Selain itu, apakah alasan yang menyebabkan fresh graduate cocok di startup?

1. Suasana Kerja Masih Mendukung

Perusahaan startup merupakan perusahaan yang baru dibuka. Tentu saja suasana di dalamnya berbeda dengan perusahaan yang sudah lama berjalan. Inilah alasan kenapa suasana startup bisa dikatakan menyenangkan dan mendukung siapa pun untuk berkreasi dan berinovasi. Apalagi jika diisi para fresh graduate yang juga masih semangat untuk bekerja.

Mahasiswa yang baru saja lulus (fresh graduate) memiliki semangat dan etos kerja yang lebih tinggi. Karena itu, mereka akan lebih mampu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan hasil yang maksimal. Semangat dan etos kerja inilah yang nantinya akan membuat lingkungan kerja menghadirkan aura positif.

2. Mudah Beradaptasi

Para fresh graduate cenderung lebih mudah beradaptasi dalam suasana yang menyenangkan dan mendukung seperti suasana di startup. Mereka juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan yang lainnya. Karena itu, banyak dari mereka dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar.

3. Banyak Pekerjaan yang Dapat Dijadikan Pelajaran

Perusahaan yang baru dibuka membutuhkan semangat dan etos kerja yang tinggi untuk membangun dan mengembangkan perusahaan. Karena itu, banyak pekerjaan yang akan dilakukan fresh graduate ketika pertama kali bekerja di perusahaan startup. Bahkan, ada orang yang akan memegang dua jabatan sekaligus. Mengapa? Karena perusahaan startup masih kekurangan tenaga kerja.

Walaupun banyak pekerjaan yang diberikan, akan ada orang yang membimbing. Para fresh graduate jadi tidak perlu takut. Selalu berpikiran positif bahwa sesulit apa pun pekerjaan, pasti akan terselesaikan. Selalu pertahankan semangat dan etos kerja untuk dapat bergerak maju.

4. Sebagai Ajang Pembuktian Diri

Ajang pembuktian diri di sini bukan berarti menyombongkan diri. Namun, lebih mengarah pada hal-hal positif, apalagi fresh graduate masih memiliki pengalaman kerja yang minim. Ketika mereka menguasai teknik pengerjaan, kesempatan untuk rangkap jabatan atau naik pangkat jadi terbuka lebar.

Walaupun para fresh graduate memiliki pengalaman kerja yang minim, jika ilmu dari bangku kuliah terus diasah, pasti akan semakin tajam. Apabila Anda mau belajar, apa pun pasti mampu dilakukan. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru untuk membuktikan bahwa diri Anda mampu.

5. Lebih Rileks

Rileks di sini bukan dari segi pekerjaan, tapi lebih ke pakaian dan lingkungan bekerja. Berbeda dengan perusahaan multinasional yang memiliki seragam kerja. Di perusahaan startup, Anda dapat mengenakan baju apa pun yang penting sopan dan layak. Tidak ada peraturan khusus dalam hal berpakaian, kecuali jika perusahaan startup nantinya berkembang menjadi perusahaan besar.

Meskipun banyak pekerjaan yang dilakukan, pemilik perusahaan pasti akan memberikan sedikit hiburan agar suasana bekerja lebih santai. Jadi, tidak ada pekerja yang merasa tegang saat bekerja. Semuanya akan dilakukan dengan santai, tapi pasti.

6. Gaji yang Lumayan

Meskipun berstatus sebagai startup, bukan berarti gaji yang diberikan juga minim. Justru perusahaan inilah yang mampu memberikan gaji yang besar bagi Anda yang beruntung untuk bergabung di dalamnya. Terbatasnya skill dan tenaga kerja ahli yang dimiliki membuat para fresh graduate bisa menunjukkan kemampuan pada bidang tertentu. Terutama pada bidang yang berkaitan dengan HRD atau bagian mesin.

Namun, startup tidak memberikan tunjangan dan bonus sebesar perusahaan multinasional. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika mampu menduduki dua jabatan sekaligus, gaji Anda akan semakin tinggi.

Itulah alasan mengapa fresh graduate cocok pertama kali bekerja di startup. Apabila mau, Anda dapat melirik salah satu perusahaan startup di kota Anda dan mengirimkan lamaran pekerjaan. Selama masih fresh graduate, memilih startup sebagai tantangan pertama pastinya akan menyenangkan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini