Share

Penting untuk Diaplikasikan dalam Bisnis, Bangun Komunikasi dengan Konsumen

Agregasi Sabtu 18 November 2017 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 320 1816064 penting-untuk-diaplikasikan-dalam-bisnis-bangun-komunikasi-dengan-konsumen-tYg8ZcqDRJ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bisnis itu menyenangkan, apalagi jika berhasil meraup keuntungan yang besar dalam beberapa periode terakhir. Memiliki bisnis sendiri juga menjadi idaman kebanyakan orang. Pasalnya, mereka berhak menjadi bos dan memiliki waktu yang fleksibel dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam berbisnis, aplikasi itu dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Dengan adanya aplikasi, pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan. Pekerjaan yang dulunya terlihat sulit kini akan menjadi lebih mudah dan praktis berkat adanya aplikasi.

Beberapa tahun belakangan, berbagai macam aplikasi diluncurkan khusus untuk bisnis. Ada juga aplikasi yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk bisnis, tapi dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Contohnya, Facebook dan Instagram.

Untuk mendukung dan membantu manusia dalam melaksanakan pekerjaan, perancang software selalu berusaha berkreasi menghasilkan aplikasi yang berbeda. Dengan begitu, masyarakat dapat memilih aplikasi mana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.

Dalam sebuah forum Rise of Asia yang kemarin baru dilaksanakan, pihak penyelenggara mengundang banyak pengusaha sukses. Pengusaha tersebut datang dari seluruh penjuru Asia. Mereka berpendapat kalau aplikasi memang sangat berguna untuk berbisnis. Mereka juga menyarankan masyarakat untuk menggunakan aplikasi kalau bisnis ingin cepat berkembang.

Mungkin Anda bertanya-tanya alasan penggunaan aplikasi ini. Berikut adalah alasan mengapa aplikasi itu penting dalam bisnis.

1. Mengetahui Keinginan Pasar

Bagaimana aplikasi dapat mengetahui keinginan pasar? Ini adalah hal yang mudah. Anda dapat melihat apa saja yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Pembicaraan tersebut juga biasanya terletak di bagian paling atas. Kata lainnya trending topics.

Apalagi pada zaman seperti sekarang, semuanya serba teknologi. Menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi juga memudahkan pekerjaan. Terlebih adanya data digital dari para calon pembeli.

Jika Anda masih menggunakan tenaga manual, tentu ini akan memakan waktu dan energi yang lebih besar. Hasilnya juga tidak akan semaksimal bila Anda menggunakan aplikasi. Selain itu, jangan hanya menomorsatukan profit. Memang profit itu menjadi bagian yang diinginkan saat berbisnis. Namun, pada era sekarang, perkembangan bisnis lebih penting dibanding profit. Sebab apabila bisnis berkembang, sudah pasti profitnya semakin besar.

2. Membangun Komunikasi dengan Konsumen

Hal penting selanjutnya dari penggunaan aplikasi adalah membangun komunikasi dengan konsumen. Sama halnya dengan transaksi di pasar, komunikasi antara penjual dan pembeli dibutuhkan. Tujuannya agar terjadi kesepakatan harga atau deal yang akan menguntungkan keduanya. Hanya saja cara berkomunikasinya saja yang berbeda.

Berkomunikasi melalui aplikasi berarti berkomunikasi melalui sebuah perantara. Dari hasil pembicaraan dengan konsumen, Anda juga lebih tahu barang apa yang mereka butuhkan saat ini. Dengan demikian, Anda dapat selalu up to date terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, bisnis dapat berjalan lancar sesuai apa yang diinginkan.

3. Membangun Perusahaan yang Lebih Besar

Percaya atau tidak, sebuah aplikasi juga dapat membuat perusahaan menjadi lebih besar. Caranya dengan membuat aplikasi khusus yang ada sangkut pautnya dengan perusahaan. Misalnya, Grab yang saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Selain itu, ada juga Go-Jek dan Uber.

Ketiga aplikasi yang disebutkan di atas sama-sama memiliki aplikasi sendiri. Fiturnya tentu saja berbeda, begitu juga dengan promo yang ditawarkan oleh ketiga aplikasi. Itulah yang membuat ketiganya unik dan menjadi aplikasi terbesar dan fenomenal yang ada di Indonesia. Namun, tidak dengan Uber karena perusahaan ini mendunia dan terdapat di banyak negara di dunia.

4. Metode Pembayaran Lebih Mudah

Pada zaman dulu, mungkin Anda lebih sering bertransaksi secara langsung atau transfer lewat bank atau mesin ATM. Seiring berkembangnya teknologi, banyak aplikasi yang kini menawarkan pembayaran dengan uang elektronik. Misalnya, Go-Pay sebutan untuk metode pembayaran elektronik pada aplikasi Go-Jek.

Metode pembayaran elektronik tentu saja mengesankan. Pasalnya, konsumen tinggal mengisi atau melakukan top up pada akun aplikasi tersebut. Selanjutnya, seluruh transaksi dapat dilakukan selama saldo masih cukup. Konsumen juga tidak perlu repot-repot harus ke sana ke sini karena semuanya sudah tersedia hanya pada satu aplikasi.

Itulah keuntungan aplikasi dalam berbisnis. Hadirnya aplikasi tentu saja memudahkan semuanya, berbisnis pun menjadi lancar dan mudah hanya dengan aplikasi. Bagaimana? Sudah siapkah Anda menggunakan aplikasi untuk berbisnis?

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini