Image

Trik Mudah Hindari Utang, Cek Pendapatan hingga Berhenti Pakai Kartu Kredit

Agregasi Sabtu 25 November 2017, 23:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 24 320 1819685 trik-mudah-hindari-utang-cek-pendapatan-hingga-berhenti-pakai-kartu-kredit-d7T65ZMuBH.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

GAYA hidup yang serba glamor membuat pengeluaran membengkak. Ketika Anda memutuskan untuk makan di restoran terkenal, sudah jelas jika biayanya mahal. Bandingkan jika makan di pinggir jalan? Sudah pasti harganya jauh lebih murah.

Sebenarnya tidak ada persoalan di mana Anda akan makan. Hanya saja biaya yang hendak dikeluarkan menjadi persoalan yang terkadang membuat Anda harus terlilit utang. Makan enak tapi terlilit utang? Siapa yang mau? Lebih baik makan di rumah makan sederhana daripada makan di tempat elit tapi ujung-ujungnya berutang.

Jika Anda ingin terbebas dari utang, sebaiknya kurangi gaya hidup glamor. Mulailah untuk hidup apa adanya. Namun jika sudah terlanjur terlilit utang, coba lakukan tips di bawah ini agar segera terbebas dari utang.

1.    Ketahui Berapa Pendapatan Anda Setiap Bulan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui berapa jumlah pendapatan yang diterima setiap bulannya. Jika sudah ada gambaran, alokasikanlah pendapatan tersebut sesuai dengan porsinya masing-masing. Misalnya, biaya untuk keperluan sehari-hari, listrik, air, telepon, investasi, dan tabungan.
Jika pendapatan yang diterima masih bersisa, alokasikanlah sebagian untuk membayar utang. Cara ini sangat ampuh agar utang semakin berkurang. Dengan demikian, Anda dapat segera terbebas dari lilitan utang.
2.    Berhenti Memakai Kartu Kredit untuk Sementara Waktu
Gaya hidup yang glamor membuat harus rela merogoh kocek besar, bahkan berutang dengan kartu kredit. Kartu sakti ini adalah penolong yang siap membantu kapanpun dan di manapun Anda berada. Kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk belanja ini dan itu membuat utang semakin membengkak. Hingga pada akhirnya utang menumpuk dan tidak sanggup membayarnya.
Jika Anda ingin utang tersebut cepat lunas, berhentilah menggunakan kartu kredit untuk sementara waktu. Simpanlah kartu kredit di tempat yang aman dan jangan bawa kemanapun Anda pergi. Mulailah membiasakan diri tanpa kartu sakti tersebut agar tidak mudah tergiur untuk belanja barang yang sama sekali tidak dibutuhkan.
3.    Hindari Kebiasaan Meminjam Uang
Langkah selanjutnya adalah berhenti meminjam uang kepada orang lain. Ketika berhenti menggunakan kartu kredit, Anda harus bisa hidup dengan uang yang ada. Jangan pernah berharap pinjaman dari orang lain untuk mencukupi hawa nafsu untuk berbelanja.
Agar utang segera lunas, jangan meminjam uang secara terus-menerus. Anda harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Anda juga harus tahu kapan harus pergi berbelanja agar pengeluaran tidak membeludak.
4.    Lunasi utang dengan Bunga Tertinggi Lebih Dulu
Setiap pinjaman pasti memiliki bunga, termasuk ketika menggunakan kartu kredit. Jumlah bunga yang dikenakan juga berbeda-beda. Ada yang bunganya rendah, ada pula yang tinggi. Saat melunasi utang, Anda harus bersikap bijaksana. Bayarlah utang dengan bunga tertinggi lebih dulu. Jika utang ini tidak dibayarkan segera, yang ada Anda harus membayar tagihan bunga yang semakin mahal setiap bulannya.
Ketika utang dengan bunga tertinggi sudah dibayar, barulah Anda fokus pada utang dengan bunga rendah. Ingatlah untuk membayar utang beserta bunganya. Bukan hanya membayar minumum dari utang yang dimiliki,
5.    Gunakan Tabungan untuk Melunasi Tabungan
Ketika terlilit utang, jangan ragu untuk menggunakan tabungan untuk melunasi utang tersebut. Anda bisa mengambil sebagian dari tabungan tersebut untuk membayar utang. Alhasil, utang akan semakin berkurang dan Anda pun bisa hidup dengan damai.
6.    Lakukan Pekerjaan Sampingan
Jika penghasilan Anda per bulan tidak cukup untuk membayar utang, milikilah pekerjaan sampingan. Tujuannya agar mendapatkan pundi-pundi rupiah tambahan untuk melunasi utang. Jenis pekerjaan sampingan sangatlah beragam. Mulai dari menulis, berbisnis, dan membuka kursus. Sesuaikan jenis pekerjaan sampingan dengan passion yang dimiliki agar melakukannya dengan senang hati.

Berjanjilah Pada Diri Sendiri untuk Hidup Sederhana

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melunasi utang. Namun jika gaya hidup tidak diubah, hasilnya tetap nihil. Untuk itu, berjanjilah pada diri sendiri untuk selalu hidup sederhana. Tidak perlu terlalu mewah, yang penting semuanya tercukupi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini