nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menabung untuk Pergi Liburan? Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Agregasi Senin 27 November 2017 06:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 24 320 1819722 menabung-untuk-pergi-liburan-ini-manfaat-yang-anda-dapatkan-sqoezE0kht.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tak terasa, penghujung tahun 2017 akan tiba. Itu tandanya liburan pun akan datang. Tidak hanya libur anak sekolahan saja, namun juga pegawai kantor banyak yang akan mengambil cuti. Akan tetapi, sudahkah Anda mengetahui ke mana tujuan liburan di penghujung tahun nanti?

Sebelum pergi liburan, mungkin Anda harus menyiapkan tabungan terlebih dahulu. Jumlahnya tergantung pada destinasi liburan. Kalau masih di dalam negeri, budget Rp5 juta sudah cukup. Kalau ke luar negeri, tentu membutuhkan budget lebih. Belum lagi mengurus paspor, visa, dan lainnya.

Agar rencana liburan segera terwujud, Anda bisa merancang keuangan mulai dari sekarang. Salah satunya adalah dengan menabung. Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan dengan menabung.

1. Terhindar dari Sikap Konsumtif

Mungkin sebagian dari Anda bersikap konsumtif beberapa bulan terakhir. Itu karena belum memiliki tujuan di akhir tahun, sehingga sikap ini tak bisa dihindarkan. Jika Anda sudah merancang rencana liburan, kini saatnya untuk mengurangi sikap konsumtif tersebut.

Menabung adalah langkah untuk mengekang pengeluaran agar terhindar dari sikap konsumtif. Ketika terbersit keinginan untuk berbelanja, Anda akan diingatkan dengan rencana liburan akhir tahun. Hingga akhirnya mengurungkan niat untuk membelanjakan uang pada barang yang tidak diperlukan. Rencana liburan yang telah disusun juga akan membuat diri termotivasi untuk terus menabung.

2. Sikap Boros Terkikis Secara Perlahan

Sadar atau tidak, menabung dapat membantu untuk lebih hemat. Anda juga akan lebih jeli untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Sehingga Anda tidak mudah terbuai dengan tawaran menggiurkan di pusat perbelanjaan. Alhasil, sikap boros yang dulunya ada, kini akan terkikis secara perlahan.

3. Meningkatkan Kreativitas Diri

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungan antara menabung dan kreativitas. Jika ditelaah lebih dalam, kreativitas tentu akan meningkat karena Anda akan terus berusaha mencari cara bagaimana agar bisa menabung dengan efektif. Sehingga otak akan terus berpikir dan berputar.

Jika biasanya sering mengabaikan uang receh, kini Anda akan lebih menghargai uang tersebut. Memasukkan uang receh ke celengan merupakan contoh kreativitas yang muncul. Untuk itu, teruslah menabung agar semakin terlatih untuk terus kreatif dalam mengelola keuangan.

4. Dapat Dijadikan Dana Darurat

Manusia tidak dapat menebak apa yang akan terjadi di masa mendatang. Ketidakpastian ini membuat kita harus terus berjaga-jaga, terutama dalam hal finansial. Siapa sangka jika besok Anda di rawat di rumah sakit atau semacamnya?

Selain menabung untuk liburan, secara otomatis Anda juga akan menabung untuk dana darurat. Jika sewaktu-waktu kejadian yang tidak diinginkan terjadi, Anda bisa menyikapinya dengan tenang. Karena memang telah memiliki dana khusus untuk membiayai kejadian tak terduga tersebut.

5. Dapat Menghilangkan Stres

Setelah bekerja selama beberapa bulan tanpa henti, tentu pikiran terkuras. Jika dibiarkan terus-menerus, Anda dapat terkena stres. Agar hal ini tidak terjadi, tentu saja Anda butuh liburan sebagai langkah untuk merelaksasikan diri. Sehingga pikiran kembali tenang dan kembali bersemangat untuk bekerja.

Jika semua rencana liburan sudah terkonsep di pikiran, sekarang tibalah saatnya untuk menabung. Walaupun menabung itu sedikit sulit, namun kesulitan itu akan hilang ketika membayangkan indahnya liburan. Apabila deadline di kantor menghantui, istirahatlah sejenak dan pikirkan suasana liburan nanti, sehingga Anda lebih bersemangat mengerjakan deadline tersebut.

6. Lebih Disiplin

Percaya atau tidak, menabung dapat membuat lebih disiplin. Disiplin yang dimaksudkan tentu saja berkaitan dengan finansial. Jika Anda sudah terbiasa menabung, kebiasaan ini akan terbawa secara terus-menerus. Dengan demikian, Anda sudah berhasil mendisiplinkan diri untuk menabung. Apalagi jika jumlahnya sama setiap bulan.

Liburan Indah Sudah Menanti di Depan Mata

Dalam beberapa bulan ke depan, semua rencana untuk liburan akan segera tercapai. Tekunlah untuk terus menabung agar semua rencana tersebut dapat terwujud. Liburan juga akan lebih mengasyikan jika Anda memiliki budget yang cukup. Semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak pula jumlah yang akan terkumpul.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini