nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Data OJK: Hingga Oktober Stabilitas Sektor Keuangan Masih Normal

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 19:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 320 1820143 data-ojk-hingga-oktober-stabilitas-sektor-keuangan-masih-normal-sU99xkeezh.jpg Pemaparan OJK. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) intermediasi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) masih dalam level moderat. Sejalan dengan konsolidasi sektor riil dan konsolidasi kredit perbankan.

Deputi Komisioner Pengaturan dan Pengawasan Terintegrasi OJK Imansyah mengatakan kondisi tersebut terpantau dari pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2017 yang meningkat, didorong oleh membaiknya kinerja ekspor dan investasi. Selain itu, inflasi domestik juga terpantau cukup rendah. Data makro tersebut, mendorong sektor jasa keuangan juga terus membaik.

"Secara umum kita dapat mengatakan stabilitas sistem keuangan kita dalam kondisi normal di Oktober," ujarnya di Kantor OJK, Jumat (24/11/2017).

Imansyah mengungkapkan, dari sisi perbankan pertumbuhan angka penyaluran kredit perbankan mencapai 8,18% (yoy) pada Oktober, atau naik dibandingkan bulan September yang berada di level 7,86%.

Sementara itu, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan mengalami perlambatan menjadi 11,95% lebih rendah dibandingkan pertumbuhan periode September 2017.

Peningkatan justru tampak pada penghimpunan dana di pasar modal yang tercatat meningkat 20% menjadi Rp197 triliun dari periode bulan sebelumnya Rp163 triliun. Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) juga mengalami kenaikan 1,78% dengan ditutup di level 6.005,7. "Penghimpunan dana di pasar modal meningkat risiko kredit menurun sedangkan solvabilitas relatif stabil," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini