Image

RAHASIA SUKSES: Hui Ka Yan, Miliarder Properti yang Jual Klub Bola ke Jack Ma

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Minggu 26 November 2017, 18:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 26 320 1820849 rahasia-sukses-hui-ka-yan-miliarder-properti-yang-jual-klub-bola-ke-jack-ma-4SbjFAowIT.jpg Hui Ka Yan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak miliarder China mendulang kesuksesan lewat bisnis real estat mereka. Pasalnya, booming properti di China yang terus berkembang, telah membawa para miliarder mendapat cuan yang tidak sedikit.

Salah satu miliarder yang mendapatkan keuntungan besar dari booming properti tersebut adalah Hui Ka Yan. Lahir pada 1958, Hui Ka Yan memimpin Evergrande Real Estate, sebuah perusahaan pengembangan real estat Hong Kong yang berbasis di Guangzhou.

Selain aktif dalam pembangunan properti residensial, komersial maupun hotel. Dia juga dikenal karena minatnya dalam olahraga. Hui membawa kesuksesan internasional ke China bersama Lucas Barrios.

Namun, dia menjual 50% saham Guangzhou Evergrande Football Club, tim sepak bola yang memenangkan AFC Champion League, kepada Grup Alibaba milik Jack Ma pada 2014 dengan harga USD192 juta.

Dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang pengembangan properti, manajemen perusahaan dan investasi real estat, Yan telah memegang posisi manajerial di sejumlah entitas, termasuk Guangzhou Pengda Group Company Ltd dan Wuyang Iron and Steel Co. Ltd. Dia memiliki pernah memimpin Evergrande sejak 1996, di mana dia telah memperhatikan beberapa proyek pengembangan properti.

Lahir di Taikang County of China, Lui menyelesaikan wisuda di Universitas Sains & Teknologi Wuhan. Dia memperoleh gelar di bidang metalurgi pada 1982. Dia juga menjabat sebagai profesor manajemen Wuhan sejak 2003. Dia meraih gelar kehormatan Ph.D . pada tahun 2008 dari University of West Alabama.

Lui bertanggung jawab untuk merumuskan strategi pembangunan Evergrande Real Estate Group secara keseluruhan. Beberapa proyeknya saat ini meliputi Evergreen Spring City Enping of Guangdong, dan Evergreen Oasis Wuhai dari Mongolia.

Namun, kariernya mencapai puncak ketika perusahaan mencapai kesuksesan pada saat kontrol ketat diluncurkan untuk pinjaman real estat. Sahamnya di Hong Kong meningkat dan dia membuat lebih banyak rencana pembangunan yang ingin dia capai.

Sejak 2012, Lui telah membuat penjualan sebesar USD16,4 miliar dengan kenaikan sebesar 25%. Dia juga berencana menerbitkan saham baru senilai satu miliar untuk investor eksternal.

Selain sebagai miliarder, Hui Ka Yan juga menjadi salah satu dermawan top di China bersama dengan Jack Ma. Pada 2011, dia menyumbangkan USD62 juta, dan menerima penghargaan National Model Worker oleh State Department. Saat ini, dia adalah anggota Komite Konsultatif Politik Nasional ke-11 Rakyat China.

Dia juga menjabat sebagai wakil presiden China Real Estate Association, China Entrepreneur Association dan China Enterprise Association. Baru-baru ini, dia juga mengumumkan untuk menyumbangkan USD100 juta untuk mendanai beasiswa di Universitas Tsinghua Beijing, China.

Hui Ka Yan adalah seorang pengusaha China dan pengembang real estat dengan pengalaman beberapa tahun. Dia memiliki beragam proyek di bawah kepemimpinannya, dan masih banyak lagi proyek yang akan dibangun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini