nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Generasi Milenial Kerjanya Bukan dari Kantor tapi Kafe

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 29 320 1822529 jokowi-generasi-milenial-kerjanya-bukan-dari-kantor-tapi-kafe-SF8s0rjnWf.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa perkembangan digital tak hanya memengaruhi pola belanja masyarakat dari toko offline ke online tapi pola kerja juga turut terpengaruh.

Jokowi mengatakan, di era digital orang mulai jenuh bekerja kantoran. Mereka cepat merasa bosan kerja di dalam ruangan. Dengan dukungan digitalisasi, kata Jokowi masyarakat bisa bekerja di mana saja dengan mobilitasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kids Zaman Now Tidak Ingin Jadi Menteri tapi YouTuber!

"Milenial (kalangan muda) akan tidak sabar duduk terus di kantor. Apalagi milenial kelas tinggi yang kita istilahkan knowledge workers. Mereka semakin mobile kerjanya bukan dari kantor tapi dari kafe atau di sebuah comunal office. Pola kerja ini dinamakan digital lifestyle," katanya di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Kemudian masuknya era digital juga menggeser sesuatu yang dapat meningkatkan gengsi masyarakat. Jika dulu agar terlihat bergengsi masyarakat membelanjakan uangnya dengan berkunjung ke mal dan membeli produk-produk bermerek, saat ini tidak lagi.

Baca Juga: Ada Pergeseran, Sri Mulyani Akui Penerimaan Pajak Sewa Gudang Naik dan Toko Ritel Turun

"Kita sudah masuk era digital dan di dunia media sosial yang buat bergengsi bukan lagi barang mewah, bermerek. Yang tentukan status yang buat orang bergengsi sekarang pengalaman yang di-upload (ke internet), petualangan yang di-upload, kenangan yang di-upload," jelasnya.

Oleh karenanya, masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk berwisata ketimbang jalan-jalan ke mal. Hal itu pula yang seolah memperlihatkan daya beli melemah karena ritel lesu. Padahal itu disebabkan belanja masyarakat yang beralih ke wisata.

"Data Badan Pusat Statistik (BPS) satu sisi konsumsi rumah tangga tumbuh 4,95%, 4,93% dengan komposisi restoran hotel 5,87%. Pergeseran ini harus kita lihat. Bukan hanya pola konsumsi yang bergerak, tapi juga pola kerja," tambahnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini