nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Buruk, Inflasi November Diprediksi 0,15%

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 10:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 04 20 1824665 cuaca-buruk-inflasi-november-diprediksi-0-15-2yyRvn3rRA.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi minggu ketiga bulan November berada pada kisaran angkan 0,23% berdasarkan hasil survei mingguan. Sedangkan pemerintah menargetkan inflasi tahun ini akan berada di angka 4,5% plus minus 1%.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memproyeksikan inflasi untuk bulan November 2017 ini berada pada angka 0,15%. David mengatakan pemicu terjadinya inflasi bulan ini karena menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Peningkatan permintaan agregat jelang Natal dan Tahun Baru,” jelasnya kepada Okezone.

 Baca Juga: Menebak Inflasi November 2017, Apa Lebih Tinggi dari Bulan Sebelumnya?

Kemudian untuk proyeksi inflasi tahun 2017 ini (year on year), David memproyeksikan inflasi akan berada pada angka 3,25%. Ia mengatakan cuaca buruk menjadi salah satu pemicu inflasi tahun ini.

“Gangguan distribusi akibat cuaca buruk yg ganggu harga pangan,” jelasnya.

 Baca Juga: Proyeksi Inflasi November, Pengusaha Ritel Yakin Masih Stabil

Namun, menurutnya harga pangan masih terkendali meski cuaca buruk mengganggu proses distribusi. “Secara keseluruhan masih terkendali,” sambungnya.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sebelumnya memproyeksikan laju inflasi di November tidak ada bedanya dengan bulan sebelumnya. Inflasi bulan sebelumnya, Oktober, diketahui tercatat sebesar 0,01%

Sedangkan Institute For Development of Economics and Finance (Indef) memprediksi inflasi pada bulan November akan lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Indef memproyeksikan inflasi akan berada di angka 0.13% month to month (mtm). Angka ini diperkirakan melihat perkembangan harga kebutuhan pokok sedikit meningkat akibat gangguan cuaca yang menyebabkan menurunnya pasokan.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini