Image

Batal Beroperasi 1 Desember, Kapan Kereta Bandara Soetta Bisa Digunakan?

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017, 20:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 05 320 1825695 batal-beroperasi-1-desember-kapan-kereta-bandara-soetta-bisa-digunakan-e5V6zRHBNz.jpg Ilustrasi (Foto: ant)

JAKARTA - Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) batal beroperasi pada 1 Desember 2017. Padahal sejumlah penumpang sudah berdatangan ke stasiun awal perjalanan KA Bandara Soetta di Stasiun Sudirman Baru.

Lantas kapan sebenarnya jadwal KA Bandara Soetta dioperasikan?

 Baca juga: Jokowi Bilang Tarif Kereta Bandara Mahal, Menhub: Kita Kaji Angka yang Lebih Bersahabat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam satu sampai dua hari ke depan akan dilakukan uji coba KA Bandara.Soetta.

"Saya pikir minta kepada mereka (Railink) untuk lakukan finalisasi. Uji coba dilakukan untuk track, slot. Kita ingin sekali kalau dioperasikan baik semua tapi tidak ada masalah serius kok," tuturnya, di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (5/12/2017).

 Baca juga: Menhub Bocorkan Tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Menurut dia, setelah rangkaian uji coba dilakukan maka diharapkan KA Bandara Soetta bisa segera dioperasikan. Untuk jadwal pengoperasian lebih dulu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tugaskan mulai besok, satu sampai dua hari ini dipakai lebih intensif supaya minggu depan Pak Presiden bisa diresmikan dan secara masif digunakan 1 Januari," ujarnya.

 Baca juga: Calon Penumpang Kecewa Gagal Naik Kereta Bandara Soetta Hari Ini, Railink: Kami Minta Maaf

Di sisi lain, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini mengatakan, stasiun keberangkatan awal atau Stasiun Sudirman Baru berubah nama menjadi Stasiun BNI City. Pihak BNI telah membeli dalam tanda peti penamaan Sudirman Baru.

"Jadi BNI punya kewajiban bayar sesuatu jumlah dengan waktu tertentu hingga nama stasiun jadi nama BNI City. Kita harap stasiun lain juga bisa demikian sehingga penamaan ddiberikan pihak lain," ujarnya.

 Baca juga: Bos Railink Masih Tunggu Kepastian Pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa tarif KA Bandara Soetta sebesar Rp100.000 untuk satu kali perjalananan terlalu mahal. Atas dasar itu, saat ini perhitungan berapa besaran tarif KA Bandara Soetta yang ideal masih dikaji Kementerian BUMN dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku induk operator KA Bandara Soetta, PT Railink.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini