nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Capex Rp12 Triliun di 2018, AP II Ingin Traffic Penumpang Naik

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 22:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 05 320 1825764 siapkan-capex-rp12-triliun-di-2018-ap-ii-ingin-traffic-penumpang-naik-HusTs7YNEZ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

TANGERANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sebut dirinya sebagai orang yang diktator. Sikapnya dilakukan untuk mendorong kinerja BUMN yang berjalan lambat. Salah satunya PT Angkasa Pura II.

Rini mengaku sangat sering menghubungi Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, untuk mengetahui progres pengembangan bandara nasional. Di mana sekarang terjadi back lock bandara yang sudah 20% tertinggal.

Menyikapi hal ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengaku, Rini memang selalu memberikan perhatian lebih acap kali berkunjung ke bandara.

"Jadi Ibu kalau kunjungan ke bandara pasti saya diomelin," tuturnya, di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (5/12/2017).

Meski demikian, Awaluddin mengatakan, kondisi bandara secara nasional memang dihadapkan oleh demand yang selalu tertinggal dari suplainya.

"Kami sampaikan akhit tahun ini sampai tahun depan dengan 13 bandara ditambah UPT bandara yang diserhakan ke AP II, total kapasitas yang hanya tertampung hanya 80 juta. Tahun ini tembus 104 juta, tahun depan 105 juta. Itu artinya ada back lock sekitar 25 juta yang sulit dikejar,"ujarnya.

Untuk mengejar back lock kapasitas penumpang yang tidak tertampung itu, dibutuhkan suatu percepatan invetasi. Angkasa Pura II mengaku sudah menyiapkan capex 2018 sebesar Rp12 triliun.

"Di Rapim saya disindir Ibu Rini. Kita sampaikan capec usul sudah Rp12 triliun. Ini kelasnya sudah seperti Telkom, tapi kita kan jangka panjang,"ujarnya.

Selain menyiapkan dana investasi, AP II juga akan melakukan kerjasama dengan pihak swasta. Fokusnya, traffic pasangger berkejaran dengan demand, untuk itu partner harus berkomitmen.

"Untuk bandara baru tentu kita butuh partner. Kalau berparter tujuan apa, jangan hanya sekedar berparter. Komitmen kami satu hal priroitas tingkatkan traffic,"tandasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini