nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Agung Erupsi, Wisatawan Tanah Lot Turun Hingga 30%

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 19:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 06 320 1826293 gunung-agung-erupsi-wisatawan-tanah-lot-turun-hingga-30-myLdh0ok9R.jpg (Foto: Lidya Julita/Okezone)

JAKARTA - Letusan Gunung Agung Bali telah berlalu tapi statusnya masih siaga. Selain itu, jumlah penerbangan maskapai ke Bali belum sepenuhnya normal.

Bencana ini menyebabkan kerugian yang besar bagi Bali terutama dari sektor wisatanya. Salah satunya, Kabupaten Tabanan yang juga mengalami kerugian karena pariwisatanya terganggu.

"Gunung Agung masih awas, artinya kita (Tabanan) waspada dan ya tetap beraktivitas dengan normal saja," ungkap Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di Kemenkeu, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, wisata andalan Tabanan yakni Tanah Lot yang paling terganggu karena penurunan jumlah pengunjungnya turun hingga 30%.

"Terganggu, pasti terganggu lah, karena kan paling banyak kita domestik ya. Karena saya kan di Tanah Lot hampir 70% adalah domestik menurun sekali, cuma ya bagaimana namanya siklus alam, alam juga punya waktunya. Turunnya hampir 30% lah untuk Tanah Lot ya," jelasnya.


Baca juga:

Gunung Agung Erupsi, Maskapai Diminta Minimalisir Dampak terhadap Pelayanan

Tarik Wisatawan Pasca-Erupsi Gunung Agung, Bali Bisa Gelar Festival

Menurutnya, saat ini pihaknya terus mencari solusi agar stok pangan serta logistiknya tidak terganggu apabila bencana ini berkepanjangan. Selain itu juga terus memperhatikan kesehatan para pengungsi ke daerahnya.

"Kesehatan mereka juga harus kita jaga, jangan sampai mengungsi malah sakit-sakitan. Kami di Tabanan sudah siap dengan beberapa posko dan kami juga sudah siap dengan itu sebelumnya, dan pernah memulangkan mereka juga tapi ada kejadian kayak gini kita terima," paparnya.

Masih Berstatus Awas, Gunung Agung Kembali Keluarkan Asap

Dirinya menyatakan selama ini, wisatawan yang datang ke Tanah Lot sebanyak 75% dari domestik dan 2% dari Internasional. Adapun jumlah hanya untuk Tanah Lot mencapai 4 juta pengunjung.

"Jumlah kunjungan 3,3 juta, hampir 4 juta orang sekarang per tahun, Tanah Lot tok. Jadi kalau ditambah yang lain mungkin 4,5 juta orang," tukasnya. (ljs)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini