Image

Sri Mulyani: Raih Pendapatan di RI, Perusahaan Wajib Bayar Pajak!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 13:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 20 1826664 sri-mulyani-raih-pendapatan-di-ri-perusahaan-wajib-bayar-pajak-LbYigVy1LS.jpg (Foto: Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan semua perusahaan yang ada dan mendapatkan penghasilan dari Indonesia wajib melakukan kewajiban dalam membayar pajak. Hal ini sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku baik untuk perusahaan dalam maupun dari luar negeri.

"Ini adalah bahwa seluruh perusahaan yang dapat sumber pendapatannya dari RI maka dia merupakan subjek pajak Indonesia," ungkapnya di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

 Baca Juga: Sri Mulyani: Di Instagram Saya, Ada yang Bilang Diperas Orang Pajak

Menurutnya, tidak hanya itu semua perusahaan yang menjadi objek pajak Indonesia harus membayarkan kewajibannya baik dari pajak pertambahan nilai (PPN) maupun pajak penghasialn (PPh).

"Kalau PPh korporasi sebagai penyedia platform atau aplikasi maupun sebagai player yang mendapatkan keuntungan karena adanya platform tersebut," jelasnya.

Baca Juga: UU Pajak AS Direvisi, Sri Mulyani Mulai Hitung-hitungan

Selain itu iya menyatakan semua perusahaan di tidak bedakan baik untuk perusahaan dalam maupun dalam negeri. Seperti Google yang sudah membayarkan kewajiban pajaknya untuk 2015 maka perusahaan lainnya juga akan sama.

"Jadi kita akan gunakan prinsip yang sama untuk perusahaan-perusahaan yang memberikan services yang sama," jelasnya.

"Settlement terhadap Google itu untuk 2015 dan itu karena ada kepercayaan dalam informasi perpajakan jadi kami enggak lakukan statement melebihi, prinsipnya adalah melebihi apa yang diperbolehkan oleh UU," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini