Image

CEO Ini Mundur akibat Kasus Pajak, Saham Perusahaannya Langsung Anjlok 68%

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 14:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 320 1826718 ceo-ini-mundur-akibat-kasus-pajak-saham-perusahaannya-langsung-anjlok-68-6DB5hSXCPc.jpg Steinhoff International. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Saham Steinhoff International anjlok sebesar 68% di Frankfurt. Hal ini terjadi setelah CEO Steinhoff mengundurkan diri setelah perusahaan tersebut menyelidiki penyimpangan akuntansi yang terjadi.

Ribuan toko di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Australia dioperasikan oleh ritel global ini. Kepemilikannya meliputi Sleepy's Mattress Firm, perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Poundland di Inggris.

Pengumuman pengunduran diri Chief Executive Markus Jooste ini memicu aksi penjualan yang dramatis. Selain itu, ditemukan juga penyimpangan akuntansi yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Perusahaan dijadwalkan akan menerbitkan laporan minggu depan. Perilisan hasil akan dilakukan ketika waktunya sudah tepat. Perusahaan juga akan menyelidiki apakah hasil keuangan sebelumnya perlu dikoreksi.

Steinhoff, telah menghadapi penyelidikan kriminal dan pajak di Jerman. Pihaknya mengatakan akan mendekati PwC untuk melakukan penyelidikan independen atas masalah akuntansinya. Nilai perusahaan pada hari Selasa kira-kira mencapai angka 13 miliar euro atau setara dengan USD15,4 miliar.

Mereka memulai bisnisnya di Afrika pada awal tahun ini. Namun, tetap mempertahankan mayoritas sahamnya di perusahaan. Sahamnya anjlok sebesar 29% di Johannesburg.

Steinhoff mengingatkan para pemegang saham untuk berhati-hati, karena mereka masih memiliki sejumlah bisnis dengan kualitas tinggi dan menguntungkan di seluruh dunia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini