Image

BUSINESS HITS: Investor di Bekasi Wajib Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Anisa Anindita, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 04:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 320 1827004 business-hits-investor-di-bekasi-wajib-ikut-bpjs-ketenagakerjaan-WW3hp9A6b8.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BEKASI - Bagi seluruh pengusaha yang ingin berinvestasi di wilayah Bekasi, sekarang harus memperhatikan kewajiban yang ada, yaitu menyertakan karyawannya menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK). Jaminan itu menjadi syarat permohonan izin usaha di Kota Bekasi. Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPSP) Kota Bekasi Lintong Amabrita menjelaskan bahwa setiap pemohon yang mengurus perizinan, baik izin baru maupun perpanjangan izin harus melampirkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kalau tidak melampirkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, permohonan izin tidak bisa diproses,” ujarnya. Rencananya persyaratan itu mulai diimplementasikan pada 2018 sekaligus persyaratan ini wajib disertakan oleh semua pemohon izin di wilayahnya. Salah satu izin itu di antaranya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), serta Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Sebelumnya pemerintah memproyeksikan investasi dalam kurun waktu dua tahun mencapai Rp10 triliun. Akan tetapi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan nilai investasi yang masuk ke wilayahnya hingga Desember ini mencapai Rp7,8 triliun. Kebanyakan berasal dari industri besar, industri menengah, dan UMKM. Selain itu, dari luar negeri sehingga pertumbuhan investasi di Bekasi berkorelasi positif pada pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi peringkat kedua di Jawa Barat.

Baca selengkapnya: Investasi di Bekasi, Investor Harus Ikut BPJS Ketenagakerjaan

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini