Image

Astra Property Minat Kembangkan Hunian Transit Oriented Development di Sepanjang Jalan Tol

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 13:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 470 1826631 astra-property-minat-kembangkan-hunian-transit-oriented-development-di-sepanjang-jalan-tol-XOL92jxwnY.jpg Foto: TOD Pondok Cina (Okezone)

SEMARANG - PT Menara Astra (Astra Property) berencana membangun transit oriented development (TOD). Astra Property akan memanfaatkan area ruas tol yang dikelola oleh PT Astratel Nusantara (Astra Infra).

Deputy Finance Director PT Menara Astra Panji Nurfirman mengatakan, hunian TOD saat ini tengah menjadi tren. Seperti diketahui pemerintah lewat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengembangan TOD yang memanfaatkan lahan di sekitar stasiun milik PT Kereta Api Indonesia (Persero).

 Baca Juga: Gawat! Proyek Rusun Dekat Stasiun Bogor Bisa Jadi Pusat Kemacetan Baru

Adapun TOD yang sudah dilakukan groundbreaking di antaranya, di Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Djuanda dan Stasiun Pondok Cina. Ke depan Stasiun Bogor pun akan dikembangkan TOD.

"Semua developer memang melihat ke arah TOD. Termasuk kami (Astra Property) ,"ujarnya di Hotel Wujil, Semarang, Kamis (7/12/2017).

Baca Juga: Sandiaga: Transit Oriented Development Adalah Strategi Jangka Panjang

Untuk saat ini, Panji mengatakan pihaknya masih mendiskusikan rencana pembangunan TOD ini. Rencananya akan melakukan kerjasama dengan anak grup Astra International lainnya yakni Astra Infra.

"Kita intens berdiskusi rencana pengembangan rest area di sepanjang tol yang dikelola oleh Astra Infra. Kami lihat ada peluangnya di sisi tol," jelasnya.

Karena baru sebatas pembahasan, bentu TOD Astra Propety pun belum bisa dijabarkan. Bisa berupa hunian vertikal ataupun lainnya. Meski demikian, Astra menyatakan tertarik dalam mengembangkan properti dengan konsep TOD.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini