Image

Wamen ESDM Panggil Pertamina: Apa Benar Terjadi Kekurangan Pasokan Elpiji 3 Kg?

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827303 wamen-esdm-panggil-pertamina-apa-benar-terjadi-kekurangan-pasokan-elpiji-3-kg-6f3eVvG9ix.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arncandra Tahar panggil direksi PT Pertamina (Persero) dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Ego Syahrial, guna membahas masalah kelanggkaan gas elpiji gas 3 kilogram (kg).

Dari sisi Pertamina hadir Direktur Pemasaran Muchamad Iskandar dan SVP Non Fuel Marketing Basuki Trikora.

"Kita koordinasi dengan Pertamina untuk lihat dan periksa apa benar terjadi kekurangan pasokan," ujarnya di Gedung Heritage, Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Hasil review, lanjut Arcandra, memang ada kekurangan pasokan di beberapa daerah tapi tidak semuanya. Kelangkaan di daerah itu pun setelah dicermati kekurangan pasokan sifatnya sementara.

Baca juga: Harga Elpiji 3 Kg Tembus Rp30 Rbu, Kayu Bakar pun Jadi Pilihan

"Salah satu penyebabnya di Gorontalo ada cuaca ekstrem maka ada kendala distribusi sehingga kekurangan pasokan sementara Alhamdulillah sudah diatasi," tuturnya.

Dia melanjutkan, secara stok gas elpiji 3 kilogram (kg) sekarang aman dengan rata-rata 19 sampai 20 hari ini. Sementara untuk pasokan tetap sama sekitar 20-20,4 juta matric ton (MT). Di Desember ditambah pasokannya 20,5 juta MT per hari.

Meski demikian, Arcandra mengajak supaya masyarakat bisa ikut berkontribusi untuk menghubungi Pertamina jika di daerahnya terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Hal ini supaya memudahkan perseroan untuk dalam menindaklanjuti kelanggkaan tersebut.

Baca juga: Pertamina Siapkan Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi, Berapa Harganya?

"Pertamina terjun langsung melakukan operasi pasar silakan kontak Pertamina langsung ke 15000. Disitu masyarakat beri laporan pasti di mana kurang pasokan dan Pertamina akan tambah,"tuturnya.

Secara keseluruhan, Pertamina dan pemerintah akan menjamin ketersediaan kebutuhan LPG masyarakat berapa pun jumlahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini