Image

Konsumen Makin Optimistis, BI: Tanda Pemulihan Ekonomi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 18:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827471 konsumen-makin-optimistis-bi-tanda-pemulihan-ekonomi-pl9yWJAJcv.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mengalami kenaikan. Pada Bulan November IKK tercatat sebesar 122,1 naik dari 120,7 pada bulan sebelumnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan optimisme masyarakat untuk meningkatkan konsumsi menjadi tanda signifikan adanya pemulihan ekonomi. Optimisme ini bakal menjadi modal utama untuk menyongsong tantangan perekonomian tahun 2018. 

Baca Juga: Kuartal IV, Sri Mulyani Berharap Konsumsi Rumah Tangga di Atas 5%

"Saya lihat itu semua konsisten karena  perkembangan dari kuartal I, II, dan III terlihat bahwa semua menunjukan arah kepada pemulihan ekonomi Indonesia, dan kita lihat walaupun pertumbuhan ekonomi di kuartal III ada di kisaran 5,06%," ujar di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Selain peningkatan keyakinan konsumsi masyarakat, Agus menuturkan bahwa investasi dan ekspor memiliki peran penting. Dalam kacamata bank sentral, untuk investasi baik investasi bangunan dan non bangunan keduanya membaik. 

Baca Juga: Genjot Perekonomian, BI Minta Pemda Perhatikan Potensi Daerah

Arah perbaikannya, lanjut Agus, berlangsung secara konsisten, artinya perbaikan akan terus berlanjut hingga tahun depan.

"Kami melihat ini sesuatu yang konsisten. Ini mengarah kepada 2018 yang kita harapkan lebih baik. Jadi saya menyambut baik proses pemulihan ini," kata Agus. 

Baca Juga: ISEI Gagas Desa Zaman Now, Desa dengan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Mengutip hasil survei yang dilakukan BI, kenaikan IKK, disumbang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang naik 1,9 poin dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat 1 poin. 

Sementara Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 170,9, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 170,0.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini