nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembangkan Energi Terbarukan, PGN Bangun 10 Reaktor Biogas

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 10 Desember 2017 16:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 10 320 1828106 kembangkan-energi-terbarukan-pgn-bangun-10-reaktor-biogas-3AwIlmnbGb.jpg PT Perusahaan Gas Negara (Foto: Antara)

SEMARANG - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membangun 10 reaktor biogas dengan dengan kapasitas 6 kubik hingga 12 kubik di Desa Jetak, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dengan demikian, sebanyak 137 rumah tangga pengguna biogas yang telah mendapatkan subsidi oleh PGN, sehingga program biogas rumah (BIRU) dapat dilanjutkan dan penggunaan energi lokal tersebut dapat merata.

Baca Juga: Integrasikan Sektor Hulu dan Hilir Gas, PGN Andalkan 360 Degree Integrated Solution

 

Promotor Biogas Desa Jetak Yusmin Sunaryo mengatakan, 10 reaktor biogas tersebut dapat membantu penguatan Desa Jetak sebagai Desa Mandiri Energi. Pasalnya, program yang telah dicanangkan pada 2009 sempat terhenti di tahun 2016.

"Untuk mendukung pengembangan reaktor biogas, diberikan pula pengembangan instalasi biogas, info grafis biogas, serta animasi cara kerja biogas sehingga masyarakat umum yang datang ke Desa Jetak mampu menyerap informasi mengenai biogas,” jelas Yusmin dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (10/12/2017).

Desa Jetak, kata dia, memiliki potensi sebagai Desa Wisata Pelopor Pancasila dimana diharapkan dapat meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu potensinya yaitu telah merintis penggunaan energi lokal biogas sebagai sumber energi dalam memenuhi keperluan sehari - hari masyarakatnya sejak 2009.

Baca Juga: Gas Bumi PGN Pacu Perekonomian Nasional

Saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas dengan lebih dari 7.450 km atau setara dengan 80% pipa gas bumi hilir nasional.

Melalui infrastruktur tersebut, PGN telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.984 pelanggan komersial, dan 177.710 pelanggan rumah tangga.

Konsumen PGN tersebut tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi, di antaranya Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong Papua. (ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini