nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Nusantara di Cirebon, Menko Luhut: Kapal-Kapal Nelayan sebagai Penggerak Perekonomian

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 13 320 1829678 hari-nusantara-di-cirebon-menko-luhut-kapal-kapal-nelayan-sebagai-penggerak-perekonomian-JUsXaYdmMO.jpg Ilustrasi: Okezone

CIREBON - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan, peringatan Hari Nusantara ini tidak menampilkan kapal-kapal perang melainkan kapal-kapal nelayan karena kapal-kapal nelayan tersebut yang menggerakkan perekonomian.

"Hari Nusantara ini dilakukan di berbagai daerah yang mempunyai potensi kemaritiman yang salah satunya adalah Cirebon," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya, salah satu tujuan peringatan hari nusantara ini untuk membangun kegotongroyongan antara masyarakat dan pemerintah. Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang tidak sadar betapa strategisnya posisi Indonesia dalam dunia internasional. Dengan posisi di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta di antara Benua Asia dan Australia. Bangsa Indonesia perlu mengedepankan persatuan di antara perbedaan yang ada.

Baca juga: Hari Nusantara, Mendagri Sebut Laut sebagai Pemersatu Bangsa

“Bangsa Indonesia harus kompak, harus mengurangi sebanyak mungkin perbedaan-perbedaan. Ya perbedaan itu adalah rahmat sekaligus juga bisa menjadi malapeteka kalau kita tidak mampu mengelolanya dengan baik,” ungkapnya.

Sesuai dengan tema Hari Nusantara tahun ini, yakni ”Gotong Royong dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" ia berharap masyarakat Indonesia lebih mengedepankan kerja bersama dan mulai fokus pada pembangunan kelautan.

“Selama ini kita memunggungi laut sekarang sudah waktunya kita melihat laut sebagai poros dunia,” tukasnya.

Baca Juga: Menko Luhut: Sudah Waktunya Kita Melihat Laut sebagai Poros Dunia  

Lebih jauh, sebagai negara besar yang berada pada posisi silang strategis, Luhut menambahkan perlunya Indonesia mengontrol lalu lintas udara dan lalu lintas kapal. Namun hal itu perlu diimbangi dengan penguasaan teknologi dan peningkatan kemampuan SDM yang ada.

Dalam peringatan hari nusantara ini, berbagai atraksi dan kegiatan telah disiapkan untuk menyemarakkan hari bersejarah itu, antara lain atraksi terjun bebas oleh TNI Angkatan Laut, demo Search and Rescue (SAR) Laut, sail pas kapal-kapal nelayan Indonesia serta pelepasan ekspor produk tekstil dan meubel/rotan Kota Cirebon.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini