Image

PGN Ditunjuk Jadi Penjual LNG Blok Sanga-Sanga

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 13 320 1829697 pgn-ditunjuk-jadi-penjual-lng-blok-sanga-sanga-vNaqpshzfk.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah menunjuk PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk sebagai penjual gas alam cair (LNG) yang diproduksi di Kilang Badak LNG PT Badak NGL dengan sumber gas dari Blok Sanga-Sanga, Kalimantan Timur. Sebagai penjual LNG bagian negara yang belum terkontrak (uncommited) ini akan berlaku untuk periode penjualan tahun 2018.

"Penunjukkan PGN sebagai penjual LNG Blok Sanga-Sanga bagian negara ini kami terima sebagai sebuah kepercayaan dari pemerintah kepada kami selaku perusahaan BUMN yang fokus di bidang usaha gas bumi," kata Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya, keputusan ini didasari oleh surat Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi. Lewat surat tertanggal 4 Desember 2017, SKK Migas menunjuk PGN sebagai penjual uncommited volume LNG Badak dengan sumber gas dari wilayah Sanga-Sanga.

Baca juga: Kembangkan Energi Terbarukan, PGN Bangun 10 Reaktor Biogas

PGN bertugas melaksanakan jual beli LNG dengan para calon pembeli untuk periode 2018 dengan tetap tunduk pada penetapan alokasi dan harga LNG dari Menteri ESDM.

"Selanjutnya kami bisa memulai perundingan dengan calon pembeli dengan terus berkoordinasi dengan SKK Migas,"ujarnya.

Baca Juga: Integrasikan Sektor Hulu dan Hilir Gas, PGN Andalkan 360 Degree Integrated Solution

Dengan penunjukkan ini, PGN bertanggung jawab untuk menyampaikan permohonan persetujuan secara tertulis mengenai mekanisme penjualan yang akan digunakan sebelum memasarkan. Selain itu, menyiapkan dan memperoleh persetujuan atas perjanjian jual beli, hingga melaporkan hasil penjualan setiap kali dilakukan pembayaran.

Sebagai penjual LNG, PGN juga wajib menanggung seluruh biaya yang timbul terlebih dulu. Sebagai penjual LNG, PGN juga tidak akan memperoleh imbalan.

"Kami optimistis dengan pengelolaan secara profesional, transparan dan akuntable, PGN dpt memberikan kontribusi lebih kepada negara," tutup Rachmat.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini