Image

KATA MEREKA: Plus-Minus Ibu Kota Pindah dari Jakarta

Anisa Anindita, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 15 320 1831086 kata-mereka-plus-minus-ibu-kota-pindah-dari-jakarta-zHbtfImiLF.jpg Kata Mereka. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memiliki beberapa calon daerah yang akan menjadi pengganti Jakarta sebagai Ibu Kota. Beberapa di antaranya adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Hal tersebut menjadi sinyal bahwa pemerintah kian serius untuk melakukan kajian pemindahan ibu kota. Kini, kajian juga tengah dilakukan di bawah komando dari Badan Perencana Pembangunan Nasional.

Selain itu, kajian juga telah dilakukan lintas kementerian. Persoalan ketersediaan lahan juga turut menjadi salah satu perhatian utama pemerintah dalam wacana pemindahan pusat pemerintahan ini.

Menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance Bhima Yudistira Adhinegara mengakui bahwa pemindahan ibu kota Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama pembangunan jalan, bandara, dan gedung pemerintahan.

“Pemindahan ibu kota ke Kalimantan butuh waktu yang lama. Serta butuh biaya yang besar terutama pembangunan infrastruktur jalan, bandara dan gedung pemerintahan,” ucap Bhima kepada Okezone.

Lalu bagaimana tanggapan masyarakat soal wacana pemindahan ibu kota Indonesia:

Ismail Hanif Robbani (22) Mahasiswa

Menurut saya dilihat dulu pengaruh positif dari pemindahan ibu kota Indonesia itu sendiri. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, selama ini Jakarta merupakan pusat bisnisnya Indonesia, pemerintahan Indonesia juga dominan berpusat di Jakarta.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia, bahkan sebentar lagi Pasar Tanah Abang juga akan menjadi pusat pasar internasional di tahun 2030 nanti. Akan tetapi, kalau ditanya apa memungkinkan ibu kota Indonesia jadi pindah ke pulau Kalimantan, kalau menurut saya tidak karena segala bentuk bisnis pasar terpusatnya di Jakarta.

Nova Riyani Dwi (21) Mahasiswi

Kalau menurut saya pemindahan ibu kota Indonesia menjadi ke pulau Kalimantan itu tentunya timbul dampak positif dan negatif. Positifnya yaitu dari segi posisi pulau itu sendiri yang jauh dari lingkaran gunung api, semoga juga aman dari bencana alam jika dibandingkan dengan pulau Jawa yang termasuk ring of fire karena dikelilingi oleh gunung api yang masih aktif.

Lalu, pulau Kalimantan itu sendiri juga ada untungnya karena pulau Kalimantan akan terjadi pembaharuan seiring perkembangan ibu kota di sana. Selain itu, akan ada banyak perbaikan dan rakyatnya menjadi semakin terpantau.

Ansori (47) Karyawan Swasta

Menurut saya wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke pulau Kalimantan ada dampak positif, dan negatifnya. Dampak positifnya yaitu kepadatan di Jakarta setidaknya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Kalau segi negatifnya, yaitu pemerintah membutuhkan biaya tambahan dalam masa transisi tersebut. Harapannya agar pemerintah dapat memikirkan secara matang tentang wacana pemindahan ibu kota itu sendiri.

Indah Wati (45) Ibu Rumah Tangga

Tentang wacana pemindahan ibu kota Indonesia itu, saya sih berharapnya agar pemerintah tetap memikirkan dampak terhadap masyarakat Indonesia. Pastikan juga kalau daerah yang ditunjuk sudah siap menjadi ibu kota Indonesia yang baru.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini