Image

Gaji Cair Lebih Awal, Ini Cara Bertahan Hidup untuk hingga Bulan Depan!

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 06:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 20 320 1833544 gaji-cair-lebih-awal-ini-cara-bertahan-hidup-untuk-hingga-bulan-depan-sVMQG3iizf.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Banyak perusahaan yang memberikan gaji pegawainya di akhir bulan. Namun, berbeda di Desember, gaji karyawan banyak yang turun lebih cepat dari waktunya karena ada beberapa hari libur seperti Natal dan Tahun Baru.

Mengingat dengan hal ini, tentunya diperlukan cara khusus untuk mengelola uang yang kita miliki. Hal ini berkaitan dengan masih lamanya gajian di bulan berikutnya karena akan jatuh pada tanggal yang disesuaikan.

Tentunya, kita ingin gaji bulan ini dapat bertahan hingga gajian berikutnya walaupun bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan liburan, karena liburan panjang di akhir tahun memang sudah biasa terjadi dari tahun-ke tahun.

Untuk itu, Perencana Keuangan Andi Nugroho menyarankan adanya pembuatan budgeting untuk kebutuhan selama sebulan ini, apalagi kita berada di masa liburan panjang, Natal dan Tahun Baru. “Uang itu harus diamankan, apa saja yang menjadi kebutuhan,” ujarnya saat diwawancarai oleh Okezone.

Menurut Andi, hal pertama yang paling penting adalah utang atau cicilan yang dipunya. Setelah itu, jika mempunyai anak, amankan juga untuk membayar uang sekolah anak, untuk yang bekerja juga amankan uang transpor, dan uang makan-sehari-hari.

“Dipisahkan dari gaji yang sekarang, untuk kebutuhan bulanan dan untuk liburan, jangan sampai terpakai uang bulanannya,” jelas Andi.

Selain itu Andi juga mengungkapkan, apa yang sudah direncanakan harus diimbangi dengan disiplin dari diri sendiri. “Tidak hanya sekedar merencanakan, tapi disiplin juga menjalankannya,” jelas Andi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini