Image

TIPS KARIER: Mau Mulai Karier Lebih Awal? Perluas Koneksi

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 23:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 22 320 1834538 tips-karier-mau-mulai-karier-lebih-awal-perluas-koneksi-l7DemzHrBS.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda tipe orang yang ambisius dan bertanggung jawab, mungkin Anda sudah memulai karier Anda lebih dulu dari semua orang yang Anda kenal. Jangan biarkan magang dan pekerjaan membuat Anda stres. Jadilah diri Anda sendiri dalam mengambil langkah menuju kesuksesan.

Butuh bantuan untuk memulai karir lebih awal? Jangan takut. Berikut adalah beberapa cara untuk berada di jalan yang tepat.

1. Kunjungi Pusat Konsultasi

Sebagian besar mahasiswa hanya belajar dari apa yang diajarkannya di kampus. Namun, hal itu tidak akan ada untuk waktu yang lama karena pada akhirnya Anda akan lulus dan meninggalkan kampus. Maka cobalah membuat janji dengan orang yang bisa memberikan masukan di jurusan Anda dan cari tahu apa yang sebenarnya terjadi di luar sana. Jangan sampai Anda hanya menghabiskan waktu Anda di dalam kelas dan mengerjakan tugas-tugas Anda.

2. Belajar dengan Serius di Kelas

Biasanya dosen akan mengetahui jika ada siswa yang tidak peduli dengan apa yang diajarkannya. Mungkin Anda hanya melamun dan berkhayal di dalam kelas, tapi kerjakan tugas Anda dan berkunjunglah ke ruang dosen Anda sekali - kali. Dosen dapat sangat membantu Anda.

3. Perluas Koneksi

Pergilah kepada komunita yang ada di kampus untuk memperlua koneksi Anda. Ada ketua klub dan fakultas yang Anda bahkan tidak tahu bahwa sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mencari seseorang seperti Anda.

4. Buatlah Portofolio

Ini adalah hal yang sangat penting. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah pegawai yang berpotensi. Buatlah seringkas mungkin, namun manis. Buat portolfolio secara to the point karena perusahaan menerima banyak portofolio, jadi Anda harus membuatnya sesingkat dan semenarik mungkin untuk dilirik oleh perusahaan.

5. Buat LinkedIn

Tetaplah buat LinkedIn meskipun satu-satunya koneksi hanya ibu Anda. Tidak ada yang salah dari memulai lebih dulu.

6. Perbaiki Media Sosial

Jangan sampai media sosial Anda mengandung hal-hal yang negatif. Tidak akan ada orang, apalagi perusahaan yang menginginkan seseorang yang nakal. Maka hapuslah foto-foto yang kurang sesuai dan tumbuhlah menjadi dewasa.

7. Carilah Hal yang Benar-Benar Anda Minati

Anda tidak dapat memulai sampai Anda benar-benar tahu apa yang Anda ingin lakukan. Jurusan yang Anda ambil di universitas hanyalah payung yang membantu Anda dalam perjalanan karier Anda.

Semua orang ingin membuat koneksi dan memberi kesan yang baik yang akan bertahan selamanya. Kita ingin diingat. Jadi, mulailah memikirkannya karena bisa saja hari ini merupakan hari pertama dalam hidup Anda.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini