Image

TIPS KARIER: Baru Mulai Meniti Karier, Perhatikan Hal Ini!

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Minggu 24 Desember 2017 22:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 22 320 1834596 tips-karier-baru-mulai-meniti-karier-perhatikan-hal-ini-TYCostVaz7.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tahun pertama bekerja, merupakan waktu yang sangat penting, sama halnya ketika Anda masuk tahun pertama di sekolah. Pada tahun pertama, Anda memerlukan adaptasi dengan lingkungan baru, orang-orang baru, dan peraturan yang baru pula.

Ini merupakan masa transisi, di mana Anda akan belajar banyak tentang pekerjaan dan diri Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan kemampuan dan karier Anda.

Dalam hal ini, untuk memulai lembar baru dalam hidup, Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus mengetahui segala hal pada hari-hari pertama Anda bekerja. Namun, Anda harus sadar bahwa ada proses belajar dalam hal ini. Untuk mengatasi hal ini, berikut enam tips yang dapat membantu pada masa transisi Anda.

1. Buatlah Kesan yang Baik

- Berpakaian yang rapi

Penampilan dan perilaku Anda akan membentuk reputasi dan citra Anda di kantor. Maka berpakaianlah serapi mungkin.

- Carilah Panutan

Carilah mentor  atau panutan yang dihormati. Anda bisa melihatnya dari perilaku dan cara mereka berpakaian.

- Jadilah Seseorang yang Positif dan Dapat Diandalkan

Pertahankan sikap dapat diandalkan dengan dapat melakukan apapun dengan cara menguasai tugas yang diberikan dan berkomitmen dengan hal itu. Berusahalah  untuk memenuhi atau bahkan melampaui  harapan dalam semua hal yang Anda lakukan. Dengan hal ini Anda akan mulai membangun reputasi untuk etika kerja  Anda salah satunya ketepatan waktu dalam melakukan tugas.

2. Pelajari Budaya di Kantor Anda

Ambil kesempatan untuk memperhatikan rekan kerja dan atasan Anda untuk mempelajari peraturan tak tertulis yang berlaku di situ. Setelah mengetahuinya, cobalah untuk menyesuaikannya. Anda dapat memperhatikan apakah orang-orang datang setengah jam lebih cepat atau lebih lambat dan bagaimana mereka meminta waktu istirahat. Dengan memperhatikan dan mempelajari hal-hal ini akan mudah bagi Anda untuk beradaptasi dengan budaya kantor.

3. Kuasai Kemampuan Berkomunikasi

Dengan berkembangnya teknologi untuk berkomunikasi, formalitas semakin terkikis. Namun, para lulusan baru harus tahu bahwa cara berkomunikasi di tempat kerja akan lebih formal dan berbeda dengan cara berkomunikasi di kampus.

- Stand Out

Perbaiki cara Anda berkomunikasi secara tertulis atau verbal. Gunakan kata-kata yang sopan dan formal juga jangan lupa untuk mengeceknya kembali.

- Sajikan dengan Baik

Ketika Anda melakukan presentasi verbal, cobalah untuk belajar sebanyak mungkin mengenai apa yang diinginkan oleh audience.

- Pertimbangkan untuk Kursus

Jika Anda tidak nyaman dengan presentasi, cobalah pertimbangkan untuk mengambil kursus yang dapat mengajarkan Anda untuk bicara di depan umum.


4. Atur Waktu Anda

Tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan serta komitmen Anda adalah hal yang penting. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan dan rasa hormat rekan dan atasan Anda.

-  Kirim Email dengan Efektif

Email menyediakan arus komunikasi konstan. Email juga sering kali menyertakan permintaan informasi dan tugas baru. Mengelola jumlah waktu yang Anda habiskan untuk menanggapi dan menerbitkan email, beserta semua tanggung jawab Anda. Maka belajarlah untuk menggunakan email secara efektif untuk berkomunikasi.

- Terorganisir

Catat hal yang harus dilakukan dan gunakan kalender untuk membantu Anda mengingat hal apa yang harus dilakukan, seperti pekerjaan yang harus diselesaikan dan rapat

- Catat Keberhasilan Anda

Buatlah jurnal mingguan yang berisi pencapaian, proyek, hal yang dipelajari, dan target Anda selama seminggu. Dengan melakukan hal ini akan mudah bagi Anda untuk melihat kembali apa yang telah Anda capai.

- Rapikan Meja Kerja Anda

Merapikan meja kerja Anda sangat penting karena Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di sini. Maka, sisihkan waktu Anda dalam seminggu untuk merapikan meja Anda.

5. Membangun Hubungan Baik

Persahabatan di antara rekan kerja akan sangat membantu dalam bekerja secara tim dan sering kali menghasilkan kepuasan kerja secara keseluruhan.

- Pilih dengan Baik

Hati-hati dengan politik yang ada di kantor. Hindarilah orang-orang yang sering mengeluh dan membicarakan orang lain.

- Ketahui Secara Pasti Ekspektasi Atasan Anda

Berkomunikasilah secara rutin kepada atasan Anda untuk mengetahui apa ekspektasi dan prioritas mereka. Anda bisa saja meminta untuk meeting setiap satu atau dua minggu sekali pada enam bulan pertama Anda bekerja. Dengan hal ini Anda bisa mendapatkan feedback mengenai kemajuan Anda.

- Jadilah yang Paling Menonjol

Ajukan diri Anda ketika ada sebuah proyek penting di perusahaan. Dengan hal ini Anda akan menunjukkan bahwa Anda dapat bekerja dengan tim.

6. Hadapi Tantangan dengan Kemahiran Profesional

Tantangan yang pertama kali harus Anda pelajari saat bekerja pertama kali adalah menghadapi sebuah konflik, tekanan, dan stres. Tetaplah bersikap positif dengan segala situasi yang penting. Tidak hanya itu, bersikap proaktif juga penting. Bila dihadapkan dengan rintangan atau tantangan, coba cari solusi dari potensi yang ada pada diri Anda sendiri. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan bantuan dari rekan kerja. Jika pada akhirnya Anda perlu berbicara dengan atasan Anda, ini akan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan segala upaya untuk menyelesaikan masalah Anda sendiri.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini