nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Harga Naik, Hotel di Kota Wisata Mulai Diserbu Para Tamu

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 09:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 22 470 1834363 meski-harga-naik-hotel-di-kota-wisata-mulai-diserbu-para-tamu-vRjxoRMVvK.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

MALANG - Menjelang liburan natal dan tahun baru tingkat okupansi hotel di Malang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

Di Atria Hotel misalnya melalui Marketing Communication Manager, Kadek Ayu Ery Ratnawati mengungkapkan sudah menunjukkan tren kenaikan yang lumayan signifikan.

"Biasanya penuhnya menjelang last minute H minus beberapa hari natal atau tahun baru," jelasnya.

Baca Juga: Batal Liburan ke Bali karena Gunung Agung, Hotel Bisa Kembalikan Uang Anda?

Di Santika Hotel, sebagaimana disampaikan Public Relation Officer Santika Hotel, Erwinda Monica, telah mencapai full booking di hari-hari mendekati natal dan tahun baru.

"Dari total 112 kamar, sudah 100% dipesan terutama tanggal 23 hingga 26 Desember mas," tuturnya, saat dihubungi okezone.

Hal yang sama dialami Harris Hotel, Marketing Communication Manager Harris Hotel & Conventions Malang, Ires Marissa mengungkapkan 70% kamar sudah dipesan.

"Dari total 229 kamar yang ada di Harris Hotel, 70% sudah dipesan hingga jelang 1 Januari 2018," jelasnya saat ditemui pada Kamis (21/12 /2017).

Baca Juga: Tingkat Okupansi Hotel saat Lebaran Diprediksi Capai 90%

Di Ibis Hotel, kenaikan okupansi juga sudah mulai terasa. Sejak awal Desember bahkan sudah penuh, namun pada 31 Desember tingkat okupansi masih berada di angka 50%.

"Dari 150 kamar yang ada, tanggal 31 Desember sudah terpesan 50% mas. Sementara untuk tanggal 23 hingga 26 sudah penuh," tutur Asisten Sales Manager Ibis Sytle Hotel Malang, Hendri Wijaya.

Para tamu dari Surabaya dan Jakarta masih mendominasi tamu yang melakukan pemesanan di hotel - hotel tersebut. Selebihnya dari kota-kota di Jawa Timur lainnya.

Baca Juga: Dianggap Menganggu Bisnis Hotel di Indonesia, Begini Tanggapan Airbnb

Terkait harga check in di beberapa hotel di Kota Malang, okezone memantau memang ada kenaikan cukup signifikan di setiap liburan akhir tahun.

Di Atria misalnya, dari harga standar Rp700 ribu menjadi Rp2 juta rupiah di liburan tahun baru. Hal sama terjadi di Santika Hotel, Harris Hotel, dan Ibis Hotel. Di Santika Hotel, jika harga di hari biasa Rp780 ribu menjelang tahun baru naik menjadi Rp1,2 juta dan khusus di 31 Desember berubah menjadi Rp1,9 juta.

Di Harris Hotel, harga kamar mulai 998 ribu menjadi Rp1,98 juta di liburan akhir tahun. Di Ibis Hotel pun hampir sama, biasanya harga mulai 850 ribu menjadi 1,5 juta. Namun harga-harga yang ditawarkan hotel tersebut sudah termasuk fasilitas makan malam dan tentu bergabung di perayaan event akhir tahun. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini