Tak Punya Duit untuk Liburan Akhir Tahun? Numpang Aja

Anisa Anindita, Jurnalis · Senin 25 Desember 2017 06:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 23 320 1835119 tak-punya-duit-untuk-liburan-akhir-tahun-numpang-aja-qhh5mkt1nZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tentu akan sangat menyenangkan bila bisa menghabiskan waktu libur dengan teman-teman dan sanak saudara saat Libur Natal dan Tahun Baru kali ini. Namun, yang patut disadari adalah bukan berarti Anda tidak dapat mengontrol keuangan. Justru sebaliknya, perlu trik khusus agar tetap bisa berhemat saat liburan.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, liburan harus disesuaikan dengan kemampuan, dan budget yang dimiliki. Menurutnya, liburan tidak harus bersifat mewah dan harus ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. DIa menilai

“Dan namanya liburan tidak harus ke luar kota ataupun tempat wisata yang mahal. Bahkan hanya sekadar jalan-jalan ke mal sudah dapat mengisi waktu liburan,” ungkapnya kepada Okezone.

Menurutnya, jika memang hendak berlibur ada baiknya kita mempersiapkan budget khusus untuk liburan yang telah disiapkan dari beberapa bulan sebelumnya atau bahkan beberapa tahun sebelumnya. “Poin ini penting untuk merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari, termasuk merancang anggarannya. Dengan begitu, pengeluaran juga akan lebih terkontrol,” jelas dia.

Dia melanjutkan, meskipun telah menargetkan budget untuk liburan, tapi Anda harus tetap memperhitungkan pengeluaran dengan cermat. “Jangan boros jika tidak ingin kekurangan uang usai masa liburan,” tambahnya.

Selain itu, dia mengusulkan agar uang yang dibawa hanya untuk seperlunya saja. Perhitungkan baik-baik semua kebutuhan sehari-hari saat liburan, misalnya saja untuk transportasi, tiket masuk ke tempat wisata, makan, hingga membeli oleh-oleh.

Jika terpaksa membawa uang tambahan, pastikan uang itu hanya menjadi cadangan dan usahakan tidak terpakai jika tidak benar-benar darurat. “Trik tersebut membuat kita tidak semena-mena untuk mengeluarkan uang dari dompet,” ucapnya.

Terakhir, liburan lebih baik bersama dengan sanak sudara, sehingga beban keuangan dapat dibagi. “Berlibur seorang diri tidak selalu menyenangkan. Selain itu, beban biaya yang harus Anda keluarkan juga tergolong besar. Jadi dengan liburan bersama, biaya liburan yang Anda keluarkan pun bisa ditekan,” tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini