TRIK HEMAT: Jangan Berlebihan di Tahun Baru, Ingat Budget Makan dan Transportasi

Anisa Anindita, Jurnalis · Minggu 31 Desember 2017 06:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837390 trik-hemat-jangan-berlebihan-di-tahun-baru-ingat-budget-makan-dan-transportasi-7rU1xVCzza.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Memiliki penghasilan memang penting bagi setiap orang untuk melanjutkan kehidupan. Namun, bagaimana cara mengatur gaji yang didapat lebih awal pada bulan ini, dan kembali seperti semula di bulan selanjutnya? Otomatis harus ada pengaturan ekstra dalam keuangan Anda.

Kesulitan dalam mengatur keuangan dialami oleh banyak orang, terutama di musim libur panjang akhir tahun ini. Pasalnya, bukan hanya kebutuhan untuk liburan yang diperhatikan, melainkan juga kebutuhan sehari-hari terutama yang bersifat darurat.

Baca juga: Tak Punya Duit untuk Liburan Akhir Tahun? Numpang Aja

Perencana Keuangan Andi Nugroho memberikan solusi agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan pada saat perayaan Tahun Baru 2018. Anda hanya perlu mengeluarkan budgeting sesuai dengan keperluan yang harus dibutuhkan.

Hal itu diperlukan agar Anda dapat menyisihkan terlebih dahulu kebutuhan yang darurat, antara lain pembayaran cicilan utang, keperluan makan, jajan, dan transportasi sehari-hari setalah perayaan Tahun Baru.

“Termasuk juga dana untuk ditabung,” ungkapnya kepada Okezone.

Baca juga: Libur Natal dan Akhir Tahun, Waspada "Penyakit Kangker" Mengintai

Jadi, sebisa mungkin untuk mengamankan terlebih dahulu dana-dana terpenting tersebut. Jika diperlukan, Anda dapat menyimpannya di rekening lainnya agar tidak terpakai.

“Karena uang yang selebihnya silakan Anda gunakan untuk liburan akhir tahun,” tambahnya.

Di samping itu, jika telah memiliki buah hati, amankan juga untuk biaya sekolah anak, uang transportasi bekerja, dan uang makan sehari-hari. “Dari kebutuhan tersebut, disisihkan uangnya dan dipisahkan, jangan sampai malah terpakai untuk liburan,” tuturnya.

Baca juga: Libur Akhir Tahun Menggiurkan, Persiapkan Tiket dan Kartu Kredit Anda

Tidak hanya itu, Andi melanjutkan bahwa walaupun budget sudah direncanakan dengan baik, masih saja muncul sikap yang kurang disiplin. Andi memberikan tips agar Anda dapat disiplin dalam mengatur keuangan, yakni harus diimbangi dengan rasa disiplin yang datangnya dari sendiri juga.

"Tidak hanya sekedar merencanakan, tapi kita harus disiplin juga dalam menjalankannya," tegas Andi. (ljs)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini