Image

TRIK HEMAT: Tahun Baru, Ini Pentingnya Menyusun Resolusi Keuangan!

Anisa Anindita, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018, 06:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837415 trik-hemat-tahun-baru-ini-pentingnya-menyusun-resolusi-keuangan-F8OQauwR7a.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Membuat resolusi tidak hanya sekedar menuliskan harapan dan cita-cita yang ingin diraih. Namun ada beberapa cara yang baiknya bisa digunakan agar resolusi yang telah Anda tentukan itu bisa menjadi sebuah kenyataan.

Lalu, sebaiknya membuat resolusi jangka panjang atau jangka pendek?

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, keduanya sama-sama penting. Namun, alangkah lebih baik jika kita dapat membuat resolusi untuk jangka panjang. Pasalnya, jika resolusi jangka pendek saja dapat terpenuhi, maka resolusi jangka panjang akan lebih mudah untuk tergapai.

“Dua-duanya perlu, tetapi kalau menurut saya lebih baik membuat resolusi untuk jangka panjang,” ungkapnya kepada Okezone.

Baca juga: Boleh Hamburkan Uang di Akhir 2017, tapi Awal Tahun Mulai Nabung Lagi

Hal itu karena, kita perlu membuat resolusi jangka panjang agar dapat mengetahui visi, dan gambaran apa yang hendak kita capai pada sekitar 5 tahun hingga 10 tahun mendatang. Akan tetapi, resolusi-resolusi jangka panjang yang Anda buat tergantung dari keinginan, dan kebutuhan masing-masing.

Membuat resolusi tidak perlu terlalu banyak, sedikit saja yang penting dapat tergapai. Hal itu dapat menyebabkan Anda sulit memfokuskan pikiran terhadap beberapa titik tertentu, dan bisa membuat semua resolusi Anda gagal terwujud pada tahun depan.

Baca juga: Tutupi Kebutuhan Akhir Tahun, Tidak Layak Andalkan Kartu Kredit

Tidak hanya itu, dengan membuat resolusi jangka panjang juga agar kita dapat memastikan bahwa apa yang kita lakukan sudah on track dengan tujuan resolusi jangka panjang tersebut.

“Maka dari itu, kita perlu membuat resolusi jangka pendeknya,” jelasnya.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Jaga Keuangan Anda Jangan Sampai Jebol

Kendati demikian, dalam membuat resolusi jangka panjang atau jangka pendek, Anda sendiri harus menciptakan kondisi yang mendukung untuk mewujudkan berbagai macam resolusi. Sebagai contoh, jika Anda ingin lebih mahir dalam menguasai satu bidang baru, maka Anda harus mempunyai kemampuan, dan niat ingin berusaha agar tidak hanya jadi sekadar resolusi belaka saja. (ljs)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini