nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamen ESDM Umumkan 5 WK Migas yang Diminati Investor, Mana Saja?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 19:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837616 wamen-esdm-umumkan-5-wk-migas-yang-diminati-investor-mana-saja-gmhQL5TUYH.jpg

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya resmi mengumumkan perusahaan yang menjadi peminat lelang Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas bumi (Migas) tahun 2017. Adapun lelang WK Migas Kementerian ESDM sendiri sudah mulai dibuka sejak akhir bulan Mei 2017 lalu.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, ada sebanyak 5 WK Migas konvensional yang akhirnya diminati oleh investor. Yang mana seluruh perusahaan yang meminati kelima WK tersebut merupakan perusahaan migas kelas internasional baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: Wilayah Kerja Eksplorasi Migas Menyusut, Kepala SKK Migas: KKKS Masuk Kelas Dhuafa

Dalam perjalanannya, ada 13 perusahaan yang mengambil 20 Bid Dokumen untuk 10 WK Migas yang ditawarkan. Dari 13 perusahaan tersebut akhirnya ada 5 Perusahaan dan 1 Konsorsium yang mengembalikan dokumen dan menyatakan minatnya terhadap 5 WK Konvensional dari 7 WK yang dilelang.

Adapun kelima WK tersebut di antaranya Andaman I yang diminati oleh Mudabala Petroleum (Asia SE). Kemudian Andaman II yang diminati oleh Repsol Explorasi. salah, EMP Tbk, Konsorsium Premiere Oil Far East Ltd, Mudabala Petroleum (Asia SE), dan Kursi Energy.

Baca juga: Molor dari Jadwal, Lelang 15 Wilayah Kerja Migas Bakal Diperpanjang

Ada pula WK Merak Lampung yang diminati oleh Tansri Madjid Energy, dan WK Pekawai dan West Wamena yang diminati oleh Sakai Energy Indonesia. Sementara wilayah kerja yang tidak diminati oleh investor adalah WK South Tuna dan Kasuri III.

"Untuk sepuluh blok WK Migas konvensional yang mengajukan penawaran pada hari ini untuk penawaran langsung ada lima blok yang akan diambil investor,” ujarnya dalam acara Konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Nantinya, 5 wilayah kerja ini akan secepatnya dilakukan verifikasi ke tahap selanjutnya. Sehingga bisa didapatkan perusahaan yang menjadi pemenang dari lelang blok tersebut.

"Insya Allah tahun ini 5 (WK) akan laku dan ini akan dilakukan verifikasi pada Januari sampai Februari, kita targetkan Februari prosesnya selesai, kalau bisa lebih cepat akan kita lakukan lebih cepat," jelasnya.

Baca juga: Kementerian ESDM Belum Putus Asa Lelang 14 Wilayah Kerja yang Tak Laku

Lebih lanjut Arcandra bersyukur akhirnya lelang WK Migas Kementerian ESDM bisa mendapatkan peminatnya. Pasalnya dalam perjalanannya, proses lelang ini sempat mengalami beberapa perpanjangan waktu. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Dalam prosesnya ini (lelang WK Migas) mengalami beberapa kali perpanjangan karena beberapa hal. Yang salah satunya adalah masalah Peraturan Pemerintah (PP) perpajakan Gross split. Untuk PP ini akhirnya ditandatangani oleh Bapak Presiden menjadi PP nomor 53 tahun 2017," jelasnya.

Sebagai informasi, ada 15 WK yang ditawarkan oleh Kementerian ESDM. Di mana rinciannya 10 WK konvensional dan 5 non konvensional. Untuk 10 WK Konvensional 7 WK dilakukan melalu lelang dan 3 WK dilakukan penunjukan langsung. (ljs)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini