Image

Ada Asian Games 2018, Menko Darmin: Dampak ke Ekonominya Tinggi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017, 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837667 ada-asian-games-2018-menko-darmin-dampak-ke-ekonominya-tinggi-TfU2h4xoiW.jpg Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan optimistis pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 mencapai 5,4%. Salah satu pendorongnya adalah adanya ajang Asian Games di tahun 2018.

Darmin menjelaskan ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di 2018 yaitu tahun politik, penyelenggaraan pertemuan internasional IMF-World Bank, serta ajang Asian Games 2018.

Baca Juga: Gubernur BI: Pilkada Bisa Jadi Daya Dorong ke Ekonomi Indonesia

Ia menjelaskan tahun politik bukanlah ancaman melainkan kesempatan karena berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

"Tahun politik tidak ada apa-apa (tidak berdampak negatif). Artinya dengan adanya 171 pilkada, dampaknya akan menaikkan pertumbuhan. Sehingga pertumbuhan 5,4% seperti yang kami perkirakan di APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), boleh jadi bisa lebih," ucap Darmin di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Baca Juga: Ekonomi Membaik, Jokowi Minta Investor Jangan Wait and See!

Lanjut Darmin pertemuan internasional IMF-World Bank juga memberi dampak positif karena mendorong pendapatan negara dengan banyaknya tokoh ekonomi dunia sebagai wisatawan yang datang ke Indonesia.

Kendati demikian, kata Darmin jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dalam pertemuan IMF-World Bank takkan sebanyak jumlah wisatawan yang hadir pada ajang Asian Games.

Baca Juga: Tatap 2018 dengan Optimistis, Jokowi: Jangan Takut dengan Risiko!

"(IMF-World Bank) mungkin tidak terlalu besar tapi mungkin dampaknya juga ada. Mungkin Asian Games akan lebih besar dampaknya karena melibatkan banyak orang. Kalau IMF-World Bank memang orang gede, pejabat tinggi tapi tidak sebanyak yang menonton bola di Asian Games," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Darmin, ajang Asian Games akan menjadi faktor pendorong yang tinggi dalam pertumbuhan ekonomi di 2018 mendatang. "Artinya dampak ke pada ekonomi akan lebih tinggi pada Asian games," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini