Image

KATA MEREKA: Kereta Bandara Telah Lahir, Nyaman dan Fasilitas Lengkap

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018, 08:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 30 320 1837891 kata-mereka-kereta-bandara-telah-lahir-nyaman-dan-fasilitas-lengkap-EM2rasYHM2.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kereta bandara telah beroperasi di Ibu Kota sejak 26 Desember 2017. Setelah penantian panjang, masyarakat dapat menikmati Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta. Sebelumnya, launching pertama Kereta Api (KA) bandara sempat tertunda 25 hari, yang harusnya mulai dapat beroperasi 1 Desember 2017 lalu.

PT Railink selaku operator melakukan soft launching KA pada 26 Desember lalu dengan tarif promo Rp30.000 per penumpang. Namun, setelah berakhir masa promo, tarif KA dibandrol seharga Rp70.000 per penumpang. Dengan adanya Kereta Api (KA) bandara ini juga melahirkan stasiun baru.

Stasiun Sudirman Baru atau yang sekarang disebut dengan Stasiun BNI City ditetapkan sebagai stasiun pemberangkatan awal kereta api Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Penumpang Kereta Bandara Membeludak di Hari Pertama, Bos Railink: Mungkin Mau Piknik!

Bagaimana pendapat masyarakat dengan adanya KA Bandara Soekarno-Hatta? Apakah mereka puas dengan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah ini? Berikut kata mereka:

Maulana Mahardhika (21) Mahasiswa

Kereta bandara yang baru launching ini nyaman, keberangkatannya juga sesuai jadwal, fasilitasnya juga cukup lengkap dengan pelayanan untuk difablenya juga ada. Untuk soal bangku yang berdua-dua juga lega dan nyaman. Soal pengamanan juga aman. Hanya karena uji coba, masih terbilang belum siap dari segi pelayanan.

Dari infrastruktur stasiun masih belum siap, pelayanan tiket juga terbilang agak rumit. Kalau ditanya worth it atau enggak, menurut saya enggak. Terlalu mahal bagi saya yang tinggal di pinggiran Jakarta. Lebih baik naik Damri dari Depok Rp60.000, duduk manis langsung sampai terminal bandara walaupun harus menempuh waktu kurang lebih 2 jam, jika lancar.

Baca juga: Penumpang di Stasiun Bandara Soetta Lebih 'Sumpek' Dibanding BNI City

Kalau naik kereta, dari depok harus ke Sudirman dahulu, itu ditempuh dalam waktu 50 menit naik commuter line dari depok dengan biaya Rp4000. Lalu, menuju bandaranya dari Stasiun Sudirman ditempuh dengan waktu 50 menitan juga, dibandrol dengan harga Rp70.000 lagi. Keliatan dari Depok aja udah Rp74.000 dengan durasi perjalanan hampir sama dengan menggunakan Damri.

Nurimah Kurniasih (20) Mahasiswa

Belum pernah naik kretanya sih. Tapi kalau dilihat dari fotonya keliatan bagus dan nyaman banget. Kalo masalah sempit, kayaknya tidak terlalu sempit soalnya tempat duduknya besar lalu ada tempat di atas sebagai tempat untuk meletakkan barang juga. Dari segi waktu juga efisien sekali, cuma sekitar 55 menit perjalanan.

Baca juga: Tiket Kereta Bandara di Stasiun BNI City Ludes Terjual 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Menurut saya harga Rp70.000 worth it daripada harus naik kendaraan lain seperti taxi dengan biaya sekitar Rp100.000. Kalau naik Damri kan juga bisa kena macet di jalan, kalau kreta lebih tepat waktu kan. Harapannya sih kedepan supaya tidak ngaret dan tidak mengalami banyak gangguan aja seperti commuter line biasa.

Feby Novalius (27), Karyawan Swasta

Kereta bandara bagus, dari sisi fasilitas di stasiun dan fasilitas di dalam keretanya. Untuk tarif Rp70.000 juga sesuai dengan fasilitas yang diberikan, selain itu juga lebih cepat dan nyaman. Dari stasiun Sudirman baru hingga sampai di bandara juga hanya membutuhkan waktu 55 menit.

Di dalem kretanya juga ada TV, charge power di setiap bangku, ada toilet pria dan wanita yang berbeda dan dipisah. ACnya juga dingin, bangku yang ada juga enak. Selain itu juga terdapat bagasi di dalam kereta.

Kalau dibandingkan dengan Damri, mending naik kereta bandara. Tapi balik lagi, kondisi rumah lebih enak naik kereta atau Damri. Karena ka nada yang rumahnya jauh dari stasiun. Kalau rumahnya lebih dekat dengan Damri ya lebih baik naik Damri.

Benedigtus Kunto (21) Mahasiswa

Bagus sih dengan adanya kereta bandara seperti ini. Jadi lebih membantu masyarakat apalagi yang memang sering bepergian. Saya sendiri juga belum merasakan kereta bandara, tapi kalau saya lihat dari berita dan foto-fotonya, kereta bandara terlihat bagus dan sangat nyaman.

Walaupun duduknya berdua, tapi tempat duduk itu sendiri juga terlihat lega dan tidak sempit. Selain itu juga terdapat TV dan kabin di dalam kereta, tempat untuk menaruh barang yang dibawa. Keliatannya sih nyaman ya, saya juga ingin coba naik kereta bandara nanti. Kalau soal harga yang ditetapkan setelah masa promo ini saya setuju saja.

Karena jika dibandingkan dengan Damri harganya juga beda tipis. Malah jadi lebih baik naik kereta daripada naik Damri. Tapi untuk saya agak jauh ke Stasiun Sudirman Baru yang ditetapkan sebagai stasiun pemberangkatan awal, kalau naik kereta malah mungkin bisa memperlambat saya untuk sampai tujuan. Karena rumah saya lebih dekat dengan bus bandara, maka saya lebih memilih menggunakan Damri. (lid)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini