nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Begini Cara Hemat Biar Jadi Jutawan

Agregasi Senin 01 Januari 2018 07:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 01 320 1838363 ternyata-begini-cara-hemat-biar-jadi-jutawan-T8540RHPoG.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Menjadi kaya dan bergelimang harta tentu saja menjadi impian bagi banyak orang. Dengan uang yang berkecukupan tentu saja segala kebutuhan bahkan keinginan dapat terpenuhi dengan mudah. Namun menjadi kaya raya bukanlah hal mudah jika tidak bekerja keras untuk mendapatkannya. Tak hanya bekerja keras saja, Anda juga perlu mengelola keuangan yang tepat agar kondisi finansial Anda tetap stabil bahkan bertambah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berhemat. Tetapi berhemat bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi mereka yang belum terbiasa. Berikut ini ada beberapa tips berhemat ala jutawan yang bisa dilakukan untuk cepat menjadi kaya.

1. Sesuaikan Gaya Hidup

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai gaya hidup yang dijalani. Kebanyakan orang susah untuk menghemat keuangan dikarenakan menjalani gaya hidup yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Misalnya saja, belanja barang-barang yang mahal, makan di restoran mewah, dan hal lainnya yang bersifat konsumtif. Akan lebih baik jika uang tersebut ditabungkan setiap bulannya.

Meskipun godaan di luar sana cukup berat, tapi dibandingkan bersenang-senang saat ini akan lebih baik jika Anda akan merasakannya di masa depan sepuasnya. Jika memaksakan diri untuk memenuhi segala keinginan Anda di saat ini, tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama untuk merasakan hasil kerja keras Anda selama ini.

2. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Jika Anda memerhatikan pengeluaran-pengeluaran bulanan dengan teliti, bisa melihat jika ada pos-pos pengeluaran yang dirasa kurang terlalu penting dan dapat dipangkas. Sehingga cobalah untuk menyusun kembali anggaran prioritas setiap bulannya. Misalnya saja, perlukah untuk memakan di luar rumah setiap hari? Anda bisa mencoba untuk memasak atau membawa bekal dari rumah. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

3. Hindari Utang yang Tidak Menghasilkan

Sebisa mungkin hindari untuk berutang. Apapun alasannya, hindari untuk berutang jika memang tidak menguntungkan. Terkadang kondisi menyebabkan seseorang terpaksa untuk mengajukan utang. Namun jika Anda benar-benar terpaksa untuk berutang, pastikan untuk bijak dalam menggunakan hutang tersebut. Yang dimaksud dengan bijak dalam menggunakan uang pinjaman adalah dengan menggunakannya untuk hal-hal yang menguntungkan semisal berbisnis ataupun berinvestasi. Jangan gunakan uang pinjaman untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Bisnis dan aset investasi dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Sehingga pikirkan baik-baik ketika Anda akan menggunakan uang pinjaman tersebut.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Tips lainnya yang dapat digunakan untuk berhemat adalah dengan memanfaatkan diskon dan promo. Bahkan jutawan sekalipun tidak pernah membayar dengan full price, mereka akan senang memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan. Sebelum akan berbelanja ataupun membeli barang-barang kebutuhan, akan lebih baik jika Anda mencari dulu promo atau diskon yang dapat Anda manfaatkan. Biasakan untuk berbelanja ketika diskon dan promo sedang berterbaran di pusat perbelanjaan.

5. Jual Barang-Barang yang Tidak Terpakai

Dibandingkan hanya menumpuk di lemari saja, coba perhatikan barang-barang yang dimiliki apakah masih ada yang layak digunakan, namun tidak pernah digunakan lagi. Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan barang-barang tersebut untuk dijual kembali. Sehingga nantinya Anda bisa membeli barang baru tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

6. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Membawa kartu kredit sebenarnya bukan hal yang terlalu buruk. Dengan adanya kartu kredit, tentu saja hal-hal yang mendesak akan bisa teratasi dengan segera. Namun jika Anda tidak dapat menggunakannya dengan bijak, tentu saja malah membuat tumpukan utang yang tidak terduga. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari penggunaan kartu kredit. Selain itu, jangan terlalu membawa banyak uang tunai ketika Anda sedang bepergian untuk menghindari keinginan membeli sesuatu hal yang tidak penting.

Ubah Gaya Hidup Sesuai Kondisi Keuangan

Menjadi jutawan bukanlah hal yang sulit dicapai jika ada niatan dan kerja keras yang dilakukan. Hal yang paling penting adalah mengubah gaya hidup yang dijalani sesuai dengan kondisi keuangan. Berhematlah saat ini untuk merasakan kesenangan di masa depan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini