nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Mati Lampu, 17 Gardu PLN Sudah Pulih

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 13:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 02 320 1838789 sempat-mati-lampu-17-gardu-pln-sudah-pulih-qQ7z054kYe.jpg Ilustrasi Pembangkit Listrik. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pagi ini diketahui sejumlah daerah di Jakarta mengalami gangguan listrik. Namun, pemadaman listrik tersebut berangsur pulih setelah PLN berhasil memulihkan 17 gardu induk yang mengalami gangguan.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka mentakan, pada pukul 11.21 WIB PLN berhasil menormalkan keseluruhan gardu induk yang berada di Jakarta. Berarti, dengan berhasilnya pernormalan ini, sistem 150 kV sudah berjalan dengan baik dan pasokan listrik Jakarta-Tangerang kembali normal.

“Seluruh Gardu Induk telah kembali normal dan pelanggan kembali bisa menikmati energi listrik. Kami ucapkan terima kasih untuk pengertian dari masyarakat dan kami mohon maaf untuk pemadaman yang sempat terjadi," jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (02/01/2018).

Dia mengatakan, gangguan teknis pada sistem 150 kV Gandul-Muara Karang, telah menyebabkan 17 gardu induk dari jumlah 80 gardu induk yang ada di Jakarta terganggu. Untuk mengatasinya, PLN sejak tadi pagi berupaya penuh untuk melakukan pemulihan. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan melakukan beberapa manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan .

Baca Juga: Listrik Padam, KRL Commuter Line Parung Panjang dan Poris Sempat Terganggu

Jumlah beban di Jakarta terus meningkat yang mencapai 5.500 mw. Jumlah ini naik dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini terjadi seiring dengan mulai aktifnya kegiatan perkantoran dan perindustrian di Jakarta.

Untuk mengatasi hal ini, PLN mengupayakan untuk meminimalkan pemadaman adalah dengan percepatan penguatan sistem 500 KV dan GITET di Gandul, Duri Kosambi dan Looping Transmisi Jakarta ke depan.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini