Image

Kenali Karakter Konsumen Agar Penjualan Tepat Sasaran, Ini Caranya

Agregasi Sabtu 06 Januari 2018, 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840428 kenali-karakter-konsumen-agar-penjualan-tepat-sasaran-ini-caranya-slMGVHcfnb.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Konsumen menjadi salah satu unsur yang penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya konsumen, tentu saja bisnis Anda akan semakin berkembang ke depannya. Namun, mendapatkan konsumen di tengah ketatnya persaingan bisnis bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, pentingnya melakukan pendekatan kepada calon konsumen. Namun, sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui karakter dari tiap-tiap konsumen. Mengapa? Hal ini dikarenakan setiap konsumen di pasaran memiliki keunikannya masing-masing. Karena itu, pendekatan yang dilakukan juga membutuhkan metode yang berbeda-beda.

Mempelajari karakter konsumen akan sangat menguntungkan bagi Anda ke depannya untuk bisa mengoptimalkan penjualan bisnis. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mengetahui karakter-karakter konsumen di bawah ini.

1. Konsumen yang Menunjukkan Ketertarikan kepada Produk/Jasa

Tipe konsumen potensial ini menjadi salah satu prioritas yang perlu diperhatikan dari target pasar bisnis. Jika dilihat secara teknis, tipe konsumen potensial belum tentu menjadi konsumen Anda. Atau bisa sangat berpotensi menjadi konsumen. Karena itu, untuk menarik tipe konsumen seperti ini, berikan pelayanan dan informasi yang lengkap dan terbaik kepada mereka.

Tipe konsumen seperti ini biasanya sudah menunjukkan ketertarikannya pada produk/jasa yang Anda tawarkan. Entah itu melalui pertanyaan-pertanyaan kepada customer service, pengisian form contact. Ataupun telah mengikuti media sosial yang Anda miliki. Untuk konsumen potensial, perlu sedikit pancingan yang dapat membuat sesegera mungkin mengambil keputusan untuk membeli.

2. Konsumen Baru yang Dapat Terbujuk

Untuk tipe konsumen ini, biasanya memang merupakan orang-orang yang baru membeli produk Anda. Tipe konsumen ini biasanya baru memasuki fase beradaptasi ketika mencoba untuk membeli barang Anda pertama kalinya. Karena itu, pastikan jika fase ini dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun sudah berhasil membujuk mereka untuk membeli produk tersebut, bukan berarti Anda akan meninggalkannya begitu saja. Pastikan jika konsumen baru tersebut merasa nyaman dan senang dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan. Dengan begitu, nantinya mereka dapat kembali lagi mengunjungi dan membeli produk/jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa melakukannya dengan mencoba memberikan penjelasan yang detail dan jelas melalui info kontak yang dapat dihubungi. Jangan lupa untuk menyertakan info kontak yang dapat dihubungi sehingga nantinya akan mempermudah konsumen baru ketika mengalami masalah saat proses pembelian.

3. Konsumen Impulsif yang Suka dengan Kemudahan

Tipe konsumen ini biasanya sering membuat keputusan yang cepat, tergantung dari kondisi yang memang mendukung dan tepat. Anda tidak membutuhkan tindakan persuasif yang berlebihan untuk meyakinkan tipe konsumen seperti ini. Yang paling penting dari konsumen impulsif adalah kemudahan dalam proses pembelian. Semakin mudah proses yang Anda tawarkan dalam pembelian produk, semakin besar kesempatan konsumen tersebut untuk membeli produk/jasa yang Anda tawarkan. Dengan membuat proses bersifat otomatis dan mudah, sudah cukup efektif membuat tipe konsumen seperti ini segera membeli produk/jasa yang Anda tawarkan.

4. Konsumen yang Membeli Hanya karena Diskon

Tipe konsumen seperti ini memang melihat nilai dari produk/jasa yang Anda tawarkan, tapi enggan membeli dengan harga yang Anda tawarkan. Untuk mengatasi jenis konsumen seperti ini, tindakan persuasif akan terasa sia-sia saja.

Hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan diskon dan penawaran pada konsumen tersebut. Namun, jika diskon yang ada telah habis, mungkin Anda akan kesulitan untuk tetap menjaga pelanggan tersebut. Demi meningkat peluang dalam menjaga tipe konsumen seperti ini, Anda perlu menunjukkan kepada mereka jika nantinya tidak hanya diskon saja yang bisa didapatkannya. Namun, konsumen juga akan mendapatkan pelayanan yang luar biasa dengan pembelian yang dilakukannya.

5. Konsumen yang Setia Membeli Produk/Jasa yang Anda Tawarkan

Tipe konsumen seperti ini memang sulit didapatkan apalagi di tengah ketatnya persaingan bisnis. Tipe konsumen seperti ini akan sangat loyal kepada produk dan pelayanan yang Anda berikan. Konsumen yang loyal akan tetap kembali menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan. Bahkan, tipe konsumen ini juga akan merekomendasikan produk/jasa Anda kepada orang lainnya. Dengan begitu, nantinya dapat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, selalu berikan yang terbaik kepada konsumen ini agar terus tetap dapat loyal kepada Anda.

Kenali Konsumen untuk Membuatnya Loyal

Konsumen menjadi kunci kesuksesan untuk bisnis yang berkembang lebih pesat dari sebelumnya. Karena itu, kenali konsumen Anda lebih dalam sehingga dapat membuat konsumen tersebut menjadi loyal dan setia akan produk/jasa yang Anda tawarkan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini