Image

Ini Lho Tips Memaksimalkan Sosial Media dalam Mengembangkan Bisnis

Agregasi Sabtu 06 Januari 2018, 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840434 ini-lho-tips-memaksimalkan-sosial-media-dalam-mengembangkan-bisnis-Z6P4r2SxSn.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Saat ini media sosial sudah menjadi salah satu metode pemasaran yang cukup efektif dalam dunia bisnis. Bahkan, bisnis skala kecil sekalipun akan menggunakan media sosial untuk mengembangkan pasarnya menjadi lebih luas. Media sosial akan sangat membantu konsumen mendapatkan beragam informasi terkait produk/jasa yang ditawarkan dan responsnya lebih cepat dibandingkan media komunikasi lainnya.

Tak hanya itu media sosial juga dapat menjadi media bagi konsumen untuk menyampaikan kritik dan saran yang nantinya dapat membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda nantinya bisa menjadi lebih dekat dengan konsumen. Lalu, apakah semua media sosial wajib dimiliki untuk bisnis yang Anda jalankan? Tentu saja tidak. Terlalu banyak penggunaan media sosial tentunya akan menyulitkan dan membingungkan. Untuk itu, pilih satu atau lebih media sosial yang dirasa tepat untuk bisnis Anda. Sebagai pertimbangannya, Anda bsia melihat tips-tips di bawah ini.

1. Siapa yang Menjadi Target Pemasaran Bisnis Anda?

Setiap media sosial tentunya memiliki demografisnya sendiri sehingga sebagai pemilik bisnis tentunya Anda harus memilih dengan bijak. Anda bisa mencoba untuk menentukan terlebih dahulu target pasar bisnis Anda. Target pasar akan sangat memengaruhi pemilihan media sosial yang tepat untuk bisnis Anda.

Misalnya, untuk target remaja, Anda bisa memilih media sosial, seperti Youtube, Instagram, Tumblr, Snapchat, dan Vine. Untuk target kaum profesional dan pebisnis, tentu saja media sosial yang dimiliki harus berada di jaringan profesional semisal Linkedln. Sementara target pasar yang berada di luar kota, Facebook menjadi sarana yang cukup efektif. Untuk target blogger dan influencer, gunakan Blog dan Instagram.

2. Gunakan Media Sosial Berdasar Jenis Bisnis

Tak hanya melihat dari target pasar, penting pula memilih media sosial yang memang cocok dengan jenis bisnis yang dilakukan. Dengan begitu, konten dan layanan yang Anda tawarkan menjadi lebih tepat sasaran. Misalnya, untuk perusahaan visual yang lebih memperlihatkan banyak fotografi, tentu saja Instagram dan Pinterest menjadi sosial media yang sangat tepat untuk memperlihatkan gambar-gambar yang menarik. Sementara Twitter dan Facebook akan lebih cocok digunakan untuk jenis bisnis yang banyak menghasilkan konten-konten editorial. Konten-konten yang mana dapat dibagikan melalui tautan akan sangat efektif dengan menggunakan media sosial ini.

Di sisi lainnya, Snapchat, Youtube, dan Vine menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan fasilitas produksi dalam tingkat profesional. Biasanya menggunakan video dan konten untuk difilmkan. Setelah memilih media sosial yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis yang dilakukan, cobalah berkomitmen dengan satu ataupun dua pilihan tersebut. Jika Anda ingin melakukan eksperimen dengan media sosial lainnya, tentu sah-sah saja dilakukan. Akan tetapi, pastikan jika akun yang dimiliki sebelumnya memang sudah berjalan baik dan terus melakukan update.

3. Pilih Media Sosial yang Cocok sebagai Media Pemasaran Bisnis Anda

Setiap strategi pemasaran yang baik tentu saja memiliki konsep marketing yang jelas. Yang dimaksud dengan konsep marketing adalah konsep tema yang digunakan untuk pemasaran bisnis yang digunakan untuk menarik target pasar. Hal ini juga penting untuk Anda terapkan dalam strategi pemasaran yang melalui media sosial. Misalnya, bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih fokus kepada sharing informasi yang ada di blog, menggunakan Facebook merupakan salah satu cara yang efektif. Hal ini karena Facebook sering kali digunakan sebagai tempat sharing konten dalam bentuk blog.

Bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih fokus pada foto-foto produk/jasa yang ditawarkan, menggunakan Instagram, Pinterest, dan Path menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena media-media sosial tersebut lebih fokus pada konten berbentuk visual dibandingkan teks. Sementara bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih real time semisal industri media, penggunaan Twitter menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal ini karena Twitter mempermudah penggunanya untuk mencari tahu mengenai informasi dan berita yang real time.

Buatlah Konten Semenarik Mungkin Demi Menarik Konsumen

Apa pun media sosial yang akan digunakan, yang paling penting adalah isi konten yang berikan kepada konsumen. Buat konten yang semenarik mungkin sehingga konsumen dapat tertarik menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini