Image

Ingin Hemat Premi Asuransi Mobil? Ini 7 Tipsnya

Agregasi Sabtu 06 Januari 2018 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840440 ingin-hemat-premi-asuransi-mobil-ini-7-tipsnya-M7jpQnRz1Z.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Asuransi jiwa, kesehatan, dan pendidikan itu penting. Begitu juga dengan asuransi kendaraan, termasuk mobil. Asuransi mobil sangat cocok untuk Anda yang tinggal di tempat-tempat yang ramai dan super macet, seperti Jakarta.

Berdasarkan survei, daerah yang macet memiliki catatan terjadinya kecelakaan terbanyak dibandingkan daerah yang jarang macet. Kecelakaan ini tentu menguras banyak biaya. Apalagi kalau mengalami kecelakaan berat. Untuk meminimalkan kerugian, seseorang perlu melindungi mobil kesayangan dengan asuransi. Namun, memilih asuransi mobil tidak boleh asal-asalan. Ada tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan penawaran hemat premi asuransi mobil.

1. Cermat Memilih Kendaraan Pribadi

Pada dasarnya, semakin mahal harga kendaraan, semakin mahal pula premi asuransi yang dibayarkan. Banyak dari kita yang mungkin belum mengetahui hal ini sehingga sering kali berkomentar terkait besarnya premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Sebelum mobil terdaftar di perusahaan asuransi, ada baiknya tentukan merek mobil mana yang tepat untuk Anda. Pertimbangkan premi yang akan dibayarkan. Sesuaikan dengan kesanggupan ekonomi agar pembayarannya tidak menunggak.

 

2. Gunakan Mobil Sebaik Mungkin

Kecelakaan lalu lintas merupakan peristiwa yang tidak dapat diramalkan. Siapa pun tidak dapat mengetahui kapan kejadian ini akan menimpa diri kita. Oleh karena itu, berhati-hati sewaktu berkendara itu sangat penting. Kurangi mengebut di jalanan, apalagi kalau kondisi jalanan macet. Kerugian yang disebabkan kecerobohan diri sendiri biasanya tidak akan mendapat biaya pertanggungan dari pihak asuransi.

3. Rawat Mesin Mobil Secara Rutin

Performa mobil ditentukan dari seberapa sering Anda merawatnya. Perawatan rutin sangatlah dibutuhkan untuk meremajakan mesin-mesin mobil yang rusak. Dengan begitu, mobil tetap aman digunakan walaupun menempuh perjalanan jauh. Perawatan rutin juga akan membantu untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas. Apabila akhirnya kecelakaan lalu lintas tidak terhindarkan, setidaknya biaya perbaikan mobil tidak terlalu mahal. Apalagi kalau mesin yang digunakan masih baru. Alhasil, biaya pertanggungan dari asuransi sudah cukup untuk mengkover semua biaya perbaikan.

4. Pilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu Total Lost Only (TLO) dan Comprehensive (gabungan). Kedua jenis premi ini memiliki nilai positif dan negatif. Asuransi TLO biasanya hanya memberikan jaminan kalau kendaraan hilang. Sementara Comprehensive akan mengkover seluruh jenis kerusakan yang dialami mobil sesuai dengan apa yang tercatat pada polis asuransi. Asuransi Comprehensive atau gabungan menjadi asuransi yang paling diminati. Sebab biaya pertanggungan yang diberikan jauh lebih besar. Akan tetapi, premi yang dibayarkan setiap bulan juga lebih mahal. Apalagi kalau harga mobil juga mahal. Karena itu, penting untuk memilih asuransi mobil sesuai kebutuhan.

5. Jangan Tergiur pada Premi Murah

Ketatnya persaingan di bidang asuransi membuat perusahaan mau tidak mau harus melakukan aksi jitu untuk menarik minat nasabah. Salah satunya dengan memberikan premi murah. Perlu Anda tahu, baik premi murah dan mahal, sebenarnya tidak menjamin pelayanan yang prima dan bagus.

Akan tetapi, “harga menentukan kualitas”. Jangan mudah tergiur, terlebih premi yang ditawarkan jauh di bawah rata-rata harga yang ditawarkan perusahaan asuransi lain.

6. Pertimbangkan Partner Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi biasanya memiliki bengkel yang telah dijadikan partner. Apabila mobil nasabahnya mengalami kerusakan, pihak asuransi akan menyarankan bengkel tersebut sebagai tempat perbaikan. Namun, sebagian perusahaan asuransi tidak membangun jaringan yang luas.

Artinya, bengkel partner hanya terbatas di kota-kota tertentu saja. Untuk mengatasinya, Anda perlu menanyakan terkait bengkel partner dan cabang-cabangnya di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut lagi jika sewaktu-waktu mobil mengalami kecelakaan.

7. Perhatikan Manfaat yang Diberikan

Perusahaan asuransi biasanya berlomba-lomba untuk memberikan manfaat terbanyak bagi nasabahnya. Cara ini dilakukan untuk menarik nasabah agar segera bergabung. Pada poin ini, Anda perlu lebih teliti. Selidiki manfaat seperti apa yang sebenarnya ditawarkan. Bandingkan pula manfaat antara perusahaan A dan B untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Segera Bergabung dan Rasakan Manfaatnya

Asuransi mobil menjadi produk jaminan yang wajib dimiliki, terutama pada era modern seperti sekarang. Tujuannya apalagi kalau tidak untuk mengurangi kerugian saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Semakin cepat Anda begabung, semakin banyak manfaat yang diperoleh.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini