Image

Gunakan Cara Ini untuk Kumpulkan Tabungan Pensiun secara Efektif

Agregasi Sabtu 06 Januari 2018 23:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840441 gunakan-cara-ini-untuk-kumpulkan-tabungan-pensiun-secara-efektif-A3wkFd6Fgc.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Tentunya setiap orang akan mengalami masa pensiun, masa dimana fisik sudah tidak mampu untuk bekerja lagi dan lebih menikmati hidup di masa tua. Saat muda, tentu saja masih banyak tenaga yang Anda miliki untuk bekerja dan hal ini berbeda ketika Anda berada di masa pensiun. Untuk itu lah pentingnya mempersiapkan dana pensiun selagi Anda masih muda.

Meskipun usia masih muda, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana sedari dini. Dengan menyiapkan tabungan pensiun sedari ini akan membuat keuangan menjadi lebih terstruktur dan teratur. Dana pensiun akan sangat menjamin kehidupan Anda di masa-masa pensiun.

Dana pensiun juga akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup saat usia senja. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu Anda mengumpulkan tabungan pensiun dengan cepat dan efektif selagi masih muda.

1. Miliki Rekening untuk Simpan Dana Pensiun

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rekening untuk simpan dana pensiun. Dengan membuat tabungan khusus, tentu saja uang Anda tidak akan tercampur dengan uang lainnya. Hal ini sangat penting apalagi kalau Anda menabung di rekening tabungan yang sama dengan pengeluaran bulanan. Membuat rekening khusus akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan menjadi lebih teratur. Karena itu, hindarkan risiko dana pensiun bisa terpakai untuk kebutuhan lainnya.

 

2. Sisihkan pada Awal Bulan untuk Menabung

Bagi sebagian besar orang, menabung terkadang adalah hal yang sulit. Namun, menabung adalah hal yang wajib, apalagi untuk digunakan sebagai dana untuk masa pensiun. Karena itu, akan lebih baik untuk menyisihkan pemasukan pada awal bulan. Sisihkan setidaknya 5-10% pemasukan Anda untuk tabungan pensiun. Lakukan secara teratur dan kosisten setiap bulannya. Anda juga bisa melakukan peningkatan jumlah tabungan pensiun secara berkala sehingga membuat tabungan dapat terkumpul dengan cepat.

3. Susun Daftar Pengeluaran secara Detail

Biaya pengeluaran yang tidak pernah dicatat memang akan membuat seseorang menjadi lupa diri sehingga menyebabkan pemborosan. Hal inilah yang terkadang menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk menabung. Untuk itulah, pentingnya membuat perincian lengkap tentang pengeluaran setiap bulannya. Catat secara rinci dan detail meskipun hal-hal kecil sekalipun. Terkadang dari hal-hal kecil inilah Anda bisa melakukan penghematan dan membuat keuangan menjadi lebih stabil.

 

4. Alokasi Pendapatan untuk Investasi

Menyiapkan dana pensiun juga bisa Anda lakukan dengan cara investasi. Tapi, tentu saja harus ada risiko yang berani untuk diambil. Kenali terlebih dahulu karakteristik investasi yang ingin Anda jalankan. Ada investasi yang berisiko tinggi dengan keuntungan yang tinggi pula.

Tapi, ada juga ada investasi dengan risiko rendah, tetapi keuntungan yang didapat standar saja. Investasi yang dilakukan sedari dini dapat menjadi tabungan yang akan membantu meningkatkan taraf hidup pada masa pensiun.

5. Dahulukan Pembayaran Cicilan Utang

Hal paling penting lainnya sebelum menghadapi masa pensiun adalah dahulukan pembayaran cicilan utang. Dengan begitu, nantinya tidak akan membebankan Anda pada masa tua. Apalagi jika utang tersebut memiliki bunga yang besar, secara tidak langsung akan menggerogoti perlahan pemasukan Anda. Setelah semua utang dan tagihan terlunasi, Anda bisa lebih fokus untuk merencanakan tabungan pensiun atau investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

 

6. Alokasikan untuk Dana Darurat

Dana darurat juga perlu Anda persiapkan untuk mengatasi kejadian-kejadian yang bisa saja terjadi ke depannya, seperti sakit, PHK, kecelakaan, bencana, kematian, dan lainnya. Umumnya seseorang harus memiliki dana darurat setidaknya tiga kali dari pemasukan bulanan.

Namun, untuk yang sudah bekeluarga, nilai tersebut dapat naik sekitar 6 kali dari pemasukan. Kehadiran dana darurat akan sangat menyelamatkan kondisi keuangan saat keadaan terburuk. Anda bisa mencoba menyimpan dana darurat dalam tabungan khusus ataupun deposito. Dengan demikian, nantinya tidak akan tercampur dengan tabungan-tabungan lainnya.

Mulailah dari Usia Muda

Meskipun masa pensiun masih belum Anda rencanakan, akan lebih baik untuk mulai menyiapkan dana pensiun sedari usia masih muda. Pada usia yang masih muda, tentu saja Anda masih sangat produktif dan kondisi fisik masih sangat sehat.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini