nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hal-Hal Ini Kalau Dijauhi Dapat Membantu Anda Berhemat

Agregasi Minggu 07 Januari 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840454 hal-hal-ini-kalau-dijauhi-dapat-membantu-anda-berhemat-sRRHObojF0.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Memiliki gaya hidup hemat memang akan memberikan dampak positif yang cukup besar dalam finansial ke depannya. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman seperti saat ini, berperilaku hemat adalah hal yang sulit apalagi bagi Anda yang memang memiliki kebiasaan berperilaku konsumtif. Namun sebenarnya, menerapkan gaya hidup hemat dapat mulai Anda lakukan dari hal-hal yang paling kecil. Bahkan, tanpa Anda sadari sekalipun, menghindari hal-hal kecil di bawah ini dapat membantu berhemat dalam jangka waktu yang lama.

1. Membatasi Kunjungan ke Kafe

Hal pertama yang mungkin bisa Anda mulai batasi adalah kunjungan ke kafe. Bagi Anda yang bekerja kantoran, tentunya menghindari hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi banyak kantor/perusahaan yang menyediakan coffe market dengan tempat duduk yang digunakan untuk bersantai dan berbincang dengan rekan kerja lainnya. Bahkan, terkadang beberapa orang memilih untuk duduk santai di kafe dan meminum kopi. Namun, tanpa disadari, hal ini akan sangat memboroskan pengeluaran Anda apalagi jika dilakukan secara rutin. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengurangi kegiatan berkunjung ke kafe.

Misalnya, Anda berkunjung ke kafe dua kali dalam seminggu dengan rata-rata harga kopi sekitar Rp40.000. Jika ditotal setiap bulannya, Anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp320 ribu untuk minum kopi saja. Kalau dikalikan dalam satu tahunnya, ada sekitar Rp3,8 juta yang Anda keluarkan hanya untuk ke kafe. Padahal, jumlah tersebut akan lebih berguna jika ditabungkan ataupun diinvestasikan.

2. Jika Anda Perokok, Berhentilah Secepatnya

Kebiasaan lainnya yang perlu dihindari adalah merokok. Merokok tidak hanya akan berdampak buruk bagi keuangan Anda, tapi juga akan berpengaruh pada kesehatan. Mungkin bagi sebagian besar perokok, kegiatan merokok merupakan hal yang berat untuk dihindari, terutama bagi Anda yang memang menjadi perokok aktif. Namun, dengan mengurangi merokok, nyatanya akan membuat Anda menghemat hingga Rp255 ribu setiap bulannya.

Misalnya, harga rokok sekitar Rp17 ribu kemudian dikalikan 2 hari dengan asumsi jika satu bungkus rokok tersebut dihabiskan dalam waktu 2 hari. Dengan begitu, didapatkan total Rp255 ribu Anda habiskan untuk membeli rokok dalam sebulan. Jika angka tersebut dikalikan dalam 12 bulan, bisa didapatkan Rp3 jutaan dalam waktu satu tahun. Tentunya nominal yang sangat besar jika Anda hanya habiskan untuk merokok saja. Tidak ada salahnya untuk belajar mengurangi merokok. Tidak hanya akan menghemat uang, tapi juga mengurangi dampak pada sisi kesehatan, seperti penyakit jantung, paru-paru, dan lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu investasi kesehatan yang bisa Anda lakukan.

3. Kurangi Minum Soft Drinks

Siapa yang tidak menyukai minuman soft drinks? Dari remaja, dewasa, hingga orang tua sepertinya menyukai minuman ini. Biasanya orang-orang membeli minuman ini dengan alasan ingin menyegarkan diri ataupun mendapatkan tambahan energi setelah lelah seharian bekerja. Namun, kalau hal ini terus-menerus dilakukan, tentu saja akan memengaruhi keuangan Anda secara tidak langsung.

Misalnya, harga minuman sekitar Rp10 ribu. Dengan asumsi Anda membelinya sebanyak 2 kali dalam seminggu, selama satu bulan, Anda akan mengeluarkan sekitar Rp80 ribu. Jika dikalikan selama 12 bulan, akan ada sekitar Rp960 ribu yang Anda keluarkan. Tentu saja jumlah uang tersebut akan lebih bermanfaat kalau Anda mengalokasikannya ke tabungan.

 

4. Jangan Sering-Sering Beli Minuman Beralkohol

Budaya masyarakat Indonesia memang tidak sama seperti layaknya budaya barat yang memang menjadikan alkohol sebagai teman saat sedang berkumpul ataupun bersantai. Pada era globalisasi, gaya hidup meminum alkohol sudah menyebar di kota-kota besar. Karena itu, kegiatan bersantai dan minum-minuman alkohol seperti ini sudah sangat biasa di tempat-tempat tertentu. Biasanya harga minuman ini beragam, tergantung jenisnya, mulai dari Rp30 ribu- Rp300 ribu.

Jika diasumsikan harga minuman tersebut sekitar Rp30 ribu dengan asumsi Anda membelinya seminggu sekali, total uang yang dikeluarkan untuk beli minuman sebesar Rp120 ribu. Kalau dikalikan dalam 12 bulan, akan menghasilkan sekitar Rp1,44 juta. Tentunya angka ini akan sangat besar jika Anda bisa menabung atau menginvestasikannya.

Jauhi Hal-Hal yang Bersifat Konsumtif dan Merugikan

Sebisa mungkin jauhi hal-hal yang sekiranya bersifat konsumtif dan merugikan finansial Anda. Sesuaikan gaya hidup Anda dengan kondisi keuangan. Jangan biarkan tren-tren saat ini memengaruhi pola hidup Anda.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini