KATA MEREKA: Pemadaman Listrik, Hadiah PLN di Awal Tahun yang Menggegerkan!

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018 08:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840679 kata-mereka-pemadaman-listrik-hadiah-pln-di-awal-tahun-yang-menggegerkan-chMUbRsfu8.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Untuk mengingat lagi, pada awal tahun tepatnya Selasa 2 Januari 2018, listrik di daerah Jakarta-Tangerang sempat mengalami gangguan. Mati listrik ini terjadi lantaran adanya masalah di 17 gardu milik PT PLN (Persero).

Karena adanya gangguan tersebut, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line juga jadi terhambat. Selain itu, Gedung Bursa Efek Indonesia juga terkena imbas dari padamnya arus listrik di daerah DKI Jakarta. Menjelang pembukaan perdagangan pasar modal tahun 2018, listrik Gedung BEI mengalami mati listrik hingga 30 menit.

Melalui akun Twitter resmi PLN, beberapa daerah yang mengalami pemadaman listrik yakni Bintaro, Petukangan Utara, Palmerah, Kreo, Meruya, Grogol Utara, Serpong, Ciputat, Tanjung Duren dan Pamulang Mas.

Apakah adanya pemadaman listrik secara tiba-tiba ini mengganggu aktivitas masyarakat? Selain itu, apa saja komentar masyarakat dengan hal tersebut? Berikut kata mereka:

1. Nurimah Kurniasih (20) Mahasiswa

Menurut saya, manajemen PLN sendiri mulai turun. Setiap ada pemadaman selalu bilangnya ada gangguan, tetapi mereka sendiri tidak menjelaskan lebih rinci apa gangguan yang terjadi dan apa yang menyebabkan adanya gangguan tersebut.

Kalau memang PLN sedang mengusahakan pengoptimalan dalam sistem kerja mereka, seharusnya bisa memberikan penyuluhan terlebih dahulu kepada warga.

PLN bisa memberi tahu kalau ada pemadaman di beberapa titik, jadi masyarakat juga bisa siap-siap. Kasian kan masyarakat yang memiliki usaha menengah ke bawah yang sangat membutuhkan daya listrik. Kalau tiba-tiba mati, bisa rugi mereka, apa lagi kalau mati lampunya lama.

2. Bagaskoro (21) Karyawan Swasta

Kalau menurut saya soal mati lampu itu merupakan hal yang wajar jika memang sedang melakukan pengembangan listrik. Mungkin memang ada masalah di gardunya tapi seharusnya PLN lebih memperhatikan lagi masalah-masalah tersebut agar tidak terjadi pengulangan ke depannya.

Walaupun saya sebagai masyarakat yang tinggal dipinggiran kota jarang mengalami pemadaman, tapi saya tahu ada beberapa daerah yang sering mengalami pemadaman.

Yang dirugikan akhirnya kan masyarakat juga, apalagi masyarakat yang memiliki usaha-usaha yang membutuhkan daya listrik. Saya pernah tuh mau ke warung, mau beli es krim, pas saya pegang ternyata cair, saya tanya sama penjualnya kenapa cair, dia bilang “tadi abis mati lampu mas, jadi eskrim pada cair” nah kalau kayak gitu kan mereka jadi rugi. Lalu siapa yang mau tanggung jawab dengan kerugian yang dialami mereka?

Jika memang ada pemadaman listrik mendadak, PLN harus memberikan alasan yang jelas mengapa hal tersebut bisa terjadi dan harus memperhatikan dan memberikan tindakan agar hal tersebut tidak terulang lagi.

3. Cedi Haryo (25) Karyawan Swasta

Menurut saya dengan masalah pemadaman ini karena kinerja PLN yang menurun. Seharusnya bisa dilakukan pencegahan agar masalah tersebut tidak terjadi.

Kalau ada pemadaman menurut saya juga downtimenya terlalu lama kadang. Kalau sering terjadi seperti ini, yang rugi kan juga masyarakat. Alat-alat elektronik bisa jadi gampang rusak akibat listrik yang tiba-tiba padam.

Apalagi Commuter Line juga kena imbasnya, yang pada mau berangkat kerja jadi terhambat. Seharusnya PLN bisa memberikan penyuluhan terhadap masyarakat kalau memang sedang berusaha mengoptimalkan kinerja mereka. Karena kan listrik itu salah satu sumber daya utama yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Mungkin PLN harus lebih peka terhadap konsumen.

4. Henricus (32) Karyawan Swasta

Kalau memang pemadaman terjadi karena salah satu usaha dari PLN yang ingin membangun fasilitas listrik di luar pulau Jawa yang masih minim itu merupakan hal yang wajar. Namun, tegangan listrik yang suka naik turun dan tidak stabil di daerah padat penduduk sangat merugikan masyarakat.

Selain itu, harga listrik kan juga semakin mahal karena tarifnya juga terus mengalami kenaikan. Tentunya warga lagi yang dirugikan dengan masalah ini. Kurang pas rasanya jika harga terus naik, tapi pemadaman listrik juga sering terjadi.

Untuk ke depannya saya harap PLN lebih memperhatikan dan memperbaiki instalasi listriknya. Kalau bisa, udah enggak perlu menggunakan tiang-tiang lagi. Underground semua supaya tidak ada yang bisa nyolong-nyolong lagi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini