Image

TIPS KARIER: Ingin Berkelanjutan dalam Bekerja, Kerja Keras dan Bertalenta Solusinya

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018, 22:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840887 tips-karier-ingin-berkelanjutan-dalam-bekerja-kerja-keras-dan-bertalenta-solusinya-p5syJbcOOH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Setelah bekerja selama satu dekade sebagai akuntan, sales manajer atau eksekutif marketing, Anda akhirnya melihat sebuah cahaya dan memutuskan untuk melanjutkan ke perusahaan besar merupakan hal yang tepat. Kekuatan dari berbisnis berpotensi membantu Anda menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan yang paling berat.

Namun, saatnya Anda melihat realita, Persyaratan untuk pekerjaan yang berkepanjangan sangat besar. Peran formal, bahkan di perusahaan terbesar di dunia, sering kali gagal mencapai angka double digit.

"Kesinambungan pada umumnya mengalami "kemunduran" dengan resesi global beberapa tahun terakhir," kata Paul Gosling, managing director untuk Inggris dan Eropa di rekrutmen spesialis Allen & York.

Jika Anda ingin berkarier untuk diri sendiri dalam waktu yang lama, maka cobalah untuk belajar menjadi lebih tekun karena hal ini terbukti penting.

"Ini adalah pekerjaan yang sulit, dengan banyak pukulan dan goresan dalam perjalanan," ujar Mike Barry, direktur Plan A di Marks and Spencer.

Andy Cartland, pendiri perusahaan rekrutmen perusahaan Acre, memberikan penekanan khusus pada dua karakteristik. Yang pertama adalah inovasi yaitu kemampuan untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang kompleks dan menghasilkan solusi baru yang benar-benar kritis. Perusahaan tentu lebih mau mempekerjakan profesional yang berkelanjutan. Jika mereka berpikir mereka mendapatkan inovator yang benar-benar dapat membantu mereka melakukan bisnis dengan cara yang lebih baik yang belum pernah dipikirkan sebelumnya.

Sedangkan yang kedua adalah pengetahuan bisnis yang baik. Orang-orang bisnis dalam pada dasarnya curiga terhadap dunia yang berkelanjutan yang terlalu stabil. Untuk membuat terobosan, Anda harus bisa berbicara bahasa mereka dan memahami prioritas mereka. Ini semua tentang bagaimana mereka mengintegrasikan keberlanjutan dengan kesuksesan komersial bisnis.

Keseimbangan antara pengetahuan teknis dan pengalaman adalah hal yang sulit untuk didapat. Bagi Shannon Houde, penasihat karier keberlanjutan Walk of Life Consulting yang berlokasi di Inggris, pertanyaan tentang pelatihan profesional perlu dipertimbangkan dari sisi waktu dan uang.

"Anda harus mengatasi ketimpangan antara apa yang saat ini Anda bisa berikan dengan peran yang target Anda dan langkah sementara untuk membawa Anda ke sana," katanya.

Sedangkan langkah sementara, menurutnya adalah untuk mendapatkan pengalaman. Ikut bergabung dengan skema sukarela perusahaan akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dan membuktikan minat Anda terhadap subjek ini. Koneksi internal juga dapat dilakukan untuk mengidentifikasi orang lain yang memiliki passion yang sama dengan Anda.

Memang, nasihat pertama Houde bukanlah memasuki pasar kerja eksternal sama sekali. Jauh lebih baik mencoba mengukir sebuah pekerjaan berkelanjutan di tempat Anda saat ini. Dengan Anda sudah memiliki koneksi dan mengetahui sektor ini, maka yang dibutuhkan adalah mengetahui mengapa peran semacam itu dibutuhkan dan untuk meyakinkan atasan mengapa Anda dibutuhkan dalam hal ini. Tentu, Anda kemudian akan membutuhkan keberanian untuk "naik ke posisi tertinggi dan terendah" yang pasti akan terjadi.

"Apa yang saya sarankan kepada klien saya adalah, ciptakan pekerjaan Anda sendiri," kata Houde.

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan untuk menemukan cara untuk memanfaatkan pengetahuan di sektor Anda dan pengetahuan yang Anda miliki tentang bisnis yang sedang Anda kerjakan untuk menciptakan peran berkelanjutan Anda sendiri.

"Jika Anda terbuka terhadap apapun, mungkin itu merupakan pertanda buruk . Sangat menyakitkan bagi orang karena mereka berkata: 'Oh, saya tidak ingin membatasi diri,' tapi ini menjadi bumerang saat pergi keluar dan melakukan pencarian pekerjaan, "kata Houde.

Mengingat persaingan yang berat di luar sana, Anda bisa merayakannya jika Anda benar-benar berhasil membuat batu loncatan dalam karier Anda dan menyelesaikan semua pekerjaan Anda dengan sempurna. Maka, cobalah untuk melakukannya dengan benar dan berhasil pada akhirnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini