nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Penting Investasi Saat Usia Muda? Inilah Alasannya

Agregasi Minggu 07 Januari 2018 23:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 07 320 1841359 kenapa-penting-investasi-saat-usia-muda-inilah-alasannya-sb6blVNh1R.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Saat ini investasi termasuk bagian penting dalam perencanaan keuangan. Jika zaman dahulu generasi muda kurang begitu memahami tentang investasi, generasi muda masa kini mungkin sudah tidak asing dengan investasi dan hal-hal yang terkait di dalamnya. Namun sayangnya, masih banyak kaum muda masa kini yang belum memikirkan tentang investasi. Jangankan untuk berinvestasi, memiliki rencana keuangan saja belum terpikirkan sama sekali.

Banyak anak muda yang belum memikirkan tentang bagaimana keuangan di masa depan dan apa tujuan keuangan yang harus diraih. Karena itu, banyak kaum muda yang hanya memfokuskan diri pada apa yang ada saat ini sehingga memunculkan perilaku konsumtif yang sebenarnya merugikan. Padahal, pada usia yang muda sekalipun, harus sudah menyadari betapa pentingnya rencana keuangan untuk masa yang akan datang. Salah satu hal yang mungkin bisa dilakukan kaum muda adalah dengan berinvestasi. Kenapa investasi? Di bawah ini alasan mengapa investasi penting dilakukan saat usia muda.

1. Jadi Tambahan Pemasukan

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa investasi penting untuk dilakukan saat usia muda adalah investasi dapat menjadi tambahan pemasukan. Dengan berinvestasi, tentunya menjadi kesempatan bagi Anda menambah nilai atas uang yang dimiliki.

Berbeda dengan menabung yang hanya akan membuat uang Anda diam di tempat tanpa bertambah nilainya. Investasi akan membuat nilai uang menjadi bertambah. Apalagi jika Anda mulai melakukannya sedari muda, tentu saja akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan ke depannya.

2. Merealisasikan Rencana Keuangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penting untuk memiliki rencana keuangan yang digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan. Dengan berinvestasi, tentunya akan memudahkan Anda untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan yang sudah dirancang sebelumnya. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai investasi yang Anda inginkan mulai dari usia muda.

3. Bisa Jadi Tambahan untuk Dana Pensiun

Meskipun masih usia muda, bukan berarti Anda menyepelekan untuk mempersiapkan dana pensiun mulai dari saat ini. Semakin dini mempersiapkan, akan semakin banyak dana yang terkumpul untuk masa tua. Investasi dapat menjadi jalan bagi Anda untuk mempersiapkan dana pensiun.

Ada banyak investasi yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Jika Anda memulai berinvestasi mulai dari saat ini, keuntungan investasi tersebut dapat dinikmati pada masa tua nanti. Nilai uang yang diinvestasikan akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

4. Makin Lama, Makin Untung

Berinvestasi akan mendatangkan keuntungan yang terus bertambah pada masa yang akan datang, bahkan keuntungan tersebut bisa berkali lipat dari nilai uang yang diinvestasikan sebelumnya. Meskipun investasi bukanlah sesuatu pemasukan yang dapat diandalkan dalam waktu singkat, ke depannya nilai uang tersebut akan terus bertambah yang dapat Anda manfaatkan nantinya.

Bagi anak muda yang memiliki beragam kesibukan setiap harinya, investasi dapat menjadi sesuatu hal yang dapat dikerjakan di sela-sela waktu. Dengan begitu, Anda dapat tetap fokus pada kesibukan utama sambil menikmati proses bertambahnya nilai dana yang Anda investasikan.

Dana investasi tersebut akan terus-menerus tumbuh dalam waktu jangka panjang sembari melakukan pekerjaan dan kesibukan lainnya. Pada waktu yang tepat nantinya, Anda bisa menikmati keuntungan yang sudah ditanamkan tersebut.

5. Cara Mewujudkan Finansial yang Mapan

Investasi pada usia muda akan membantu Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial. Kebebasan finansial merupakan kondisi di mana uang akan bekerja untuk Anda atau yang disebut passive income. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda tenang karena tak perlu lagi bekerja demi uang.

Semua orang tentunya bisa mendapatkan kebebasan finansial tersebut. Salah satunya melalui investasi. Karena itu, tidak ada salahnya selagi muda untuk berinvestasi yang mana akan sangat membantu untuk mewujudkan finansial yang mapan pada masa yang akan datang.

 

Mulailah Berinvestasi Sekarang

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari memulai investasi selagi muda. Karena itu, mulailah berinvestasi saat ini dan jangan menundanya. Pilihlah jenis investasi yang memang Anda kuasai dan sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini