Mapan secara Finansial, Kenapa Tidak? Inilah Tipsnya

Agregasi Senin 08 Januari 2018 05:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 07 320 1841362 mapan-secara-finansial-kenapa-tidak-inilah-tipsnya-iHMNnMoswR.jpg

JAKARTA - Keuangan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kehidupan seseorang. Bahkan, banyak yang berpendapat jika kondisi keuangan yang baik tentu saja akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik di kemudian hari. Hal tersebut tentunya tidak dapat dimungkiri apalagi melihat kondisi perekonomian seperti saat ini. Karena itulah, setiap orang akan berusaha untuk mencari pekerjaan yang baik sehingga bisa memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Bahkan, kebanyakan orang tentunya berharap jika dapat mapan secara finansial.

Apakah yang dimaksud dengan mapan secara finansial? Mapan secara finansial merupakan kondisi yang mana seseorang bisa mencukupi segala kebutuhannya, termasuk asuransi, tabungan, dan investasi. Kondisi tersebut terjadi di mana kondisi keuangan yang dimilikinya dapat memenuhi segala kebutuhan hidup tanpa harus bekerja keras. Saat mencapai kondisi mapan secara finansial, aset yang dimiliki dapat menghasilkan uang yang lebih besar nilainya dibandingkan dengan biaya hidup sehari-hari. Bahkan, dengan mapan secara finansial, semua hal yang diinginkan dan dihendaki dapat dilakukan dengan mudah. Lalu, bagaimana cara mewujudkannya? Tips di bawah ini akan sangat membantu jika Anda menerapkannya.

1. Ketahui Kondisi Finansial dengan Baik

Sebenarnya tidak terlalu penting berapa usia dan penghasilan Anda saat ini. Hal ini karena financial freedom bukan ditentukan dari berapa banyak pemasukan yang Anda miliki, namun apakah pendapatan tersebut dapat mencukupi segala kebutuhan yang dimiliki. Sehingga hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah memahami bagaimana kondisi finansial Anda saat ini, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang Anda miliki. Apakah kondisi tersebut sudah dapat dikatakan sebagai kebebasan finansial atau tidak.

Selain itu, penting pula untuk menghitung seberapa besar yang harus Anda raih untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya agar pemasukan dapat lebih besar dibandingkan pengeluaran. Sehingga nantinya Anda bisa lebih fokus menentukan tujuan keuangan kedepannya.

2. Buat Tujuan Finansial

Setelah itu mulailah untuk menetapkan tujuan keuangan yang Anda inginkan, sehingga nantinya Anda bisa menemukan strategi yang mudah untuk mencapainya. Misalnya saja di bulan ini Anda harus melakukan penghematan hingga 20% dari pengeluaran anda di bulan sebelumnya. Dan di beberapa bulan yang akan datang, Anda harus dapat menambha pemasukan hingga 40% dari pendapatan Anda saat ini. Jika anda telah menetapkan tujuan keuangan seperti ini, maka setelah itu susunlah strategi yang tepat bagaimana untuk menetapkan tujuan keuangan tersebut.

3. Prioritaskan Tabungan dan Investasi

Jangan menyisihkan pemasukan Anda untuk tabungan dan investasi. Namun prioritaskan pemasukan Anda untuk tabungan dan investasi. Hal ini karena tabungan dan investasi menjadi salah satu yang efektif untuk mewujudkan segala tujuan-tujuan keuangan yang mana dapat mencapai kebebasan finansial.

Mengapa investasi sangat penting? Hal ini karena nilai uang yang Anda miliki saat ini tidak akan pernah sama dalam beberapa tahun mendatang karena adanya inflasi. Sehingga dengan adanya investasi, nilai uang Anda tersebut akan terus meningkat setiap waktunya. Untuk itu pilihlah jenis investasi yang memang tepat untuk Anda jalankan. Setiap instrument investasi tentu memiliki resikonya masing-masing. Untuk itu pelajari resiko dan cara kerja instrument investasi yang Anda pilih sebelum memulainya.

4. Batasi Pengeluaran Konsumtif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi mapan secara finansial dapat dicapai jika pemasukan Anda lebih besar dibandingkan jumlah pengeluaran. Sangat tepat untuk Anda mengurangi segala pengeluaran yang bersifat konsumtif.

Untuk itulah, mulailah buat daftar tentang pengeluaran-pengeluaran yang sekiranya dapat dihemat, bahkan ditiadakan. Dengan begitu, nantinya biaya-biaya pengeluaran tersebut dapat dialihkan ke dalam bentuk tabungan ataupun investasi yang dapat mempercepat tujuan keuangan Anda.

Bangun Tujuan Keuangan sejak Dini untuk Mencapai Mapan secara Finansial

Setiap orang tentunya menginginkan kondisi mapan secara finansial dalam hidupnya. Untuk itulah, akan lebih baik jika sedari dini Anda sudah membangun apakah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam hidup. Dengan begitu, nantinya Anda bisa membentuk strategi yang tepat terkait cara mencapai kondisi mapan secara finansial.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini