nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untungnya Punya Asuransi Perjalanan selama Liburan Akhir Tahun. Apa Saja Keuntungannya?

Agregasi Senin 08 Januari 2018 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 07 320 1841365 untungnya-punya-asuransi-perjalanan-selama-liburan-akhir-tahun-apa-saja-keuntungannya-lz4U722CGK.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Waktu berjalan sangat cepat, tanpa terasa sebentar lagi kita akan memasuki penghujung tahun 2017. Penghujung tahun akan terasa menyenangkan kalau dihabiskan dengan berlibur, apalagi bersama orang yang dikasihi. Beberapa dari kita mungkin sudah merencanakan liburannya dengan baik. Mulai dari tanggal keberangkatan, destinasi, penginapan, tiket pesawat, dan perlengkapan selama berlibur.

Persiapan yang matang menjadi jaminan atas keamanan dan keselataman selama liburan. Tidak hanya itu, ternyata asuransi perjalanan juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keamanan dan keselamatan. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan. Berikut adalah manfaat-manfaat yang akan didapatkan, di antaranya:

1. Memberikan Jaminan Atas Kecelakaan

Kecelakaan menjadi peristiwa yang tidak dapat dielakkan, termasuk kecelakaan pesawat terbang. Jika terjadi kecelakaan, pihak asuransi bersedia memberikan pertanggungan atas kerugian yang dialami nasabah. Selama polis asuransi masih berlaku, pihak asuransi akan memberikan uang ganti rugi kepada ahli waris Anda.

2. Memberikan Jaminan Atas Biaya Medis

Penyakit dapat menyerang diri kapan pun dan di mana pun, termasuk saat liburan. Biaya pengobatan cukup mahal, apalagi jika Anda berlibur ke luar negeri. Di sinilah asuransi perjalanan sangat dibutuhkan. Ketika Anda mengalami sakit di tengah-tengah liburan, tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya yang akan dikeluarkan karena sebagian biaya tersebut akan ditanggung pihak asuransi.

3. Bertanggung Jawab Atas Pemulangan Jenazah Atas Peristiwa Kematian

Poin yang satu ini memang jarang terjadi. Namun, asuransi sangat berguna untuk mengatasi kejadian sensitif ini. Perusahaan akan memberikan dua bentuk biaya tanggungan. Pertama, biaya pemulangan jenazah ke kota atau negara asalnya. Kedua, biaya pembungkusan jenazah di rumah sakit, termasuk biaya memandikannya.

4. Memberikan Kompensasi Keterlambatan Perjalanan

Perjalanan menuju kota lain sering kali terlambat karena kondisi lalu lintas yang macet. Hal ini tentu akan merugikan nasabah, apalagi jika perjalanan selanjutnya ditempuh melalui jalur udara. Dengan asuransi perjalanan, keterlambatan perjalanan atau penerbangan dapat dikompensasi. Besarnya kompensasi kerugian tidak diberikan secara penuh. Berbeda jika Anda membeli tiket penerbangan kelas ekonomi premium, bisnis, atau first class.

5. Bertanggung Jawab Atas Bagasi yang Rusak

Bagasi rusak menjadi masalah yang sering kali terjadi, apalagi untuk perjalanan yang cukup jauh. Sebagus apa pun koper Anda, tetap bisa rusak jika dicampakkan ke sana-ke mari. Apabila ini terjadi, Anda bisa mengajukan klaim koper rusak kepada pihak asuransi. Dengan demikian, pihak asuransi akan memberikan jaminan penggantian koper baru sesuai dengan koper yang rusak.

6. Bertanggung Jawab Atas Keterlambatan Bagasi

Siapa yang tidak khawatir kalau bagasinya datang terlambat? Keterlambatan bagasi membuat kita harus rela menunggu berjam-jam sampai bagasi tersebut datang. Tapi, ini tidak akan terjadi kalau Anda memiliki asuransi perjalanan. Pihak asuransi akan bertanggung jawab penuh atas keterlambatan bagasi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan perjalanan tanpa harus menunggu bagasi tersebut sampai di bandara.

7. Bertanggung Jawab Atas Dokumen yang Hilang

Dokumen menjadi harta paling berharga saat berlibur. Apalagi jika berlibur ke negara lain. Hilangnya dokumen akan menghambat liburan. Bagaimana tidak? Tanpa dokumen tersebut, keberadaan kita di negara yang bersangkutan tidak diakui.

Kita juga akan dianggap sebagai teroris karena tidak ada bukti pengenal. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Semua dokumen yang hilang akan diurus pihak asuransi. Perusahaan akan memberikan ganti rugi untuk penerbitan dokumen baru.

8. Memberikan Biaya Pertanggungan Atas Kunjungan Duka Selama Perawatan

Anggota keluarga diperkenankan berkunjung ke negara yang bersangkutan jika nasabah yang bersangkutan meninggal dunia. Biaya tiket penerbangan, paspor, visa, dan lain-lain biasanya akan ditanggung penuh oleh asuransi perjalanan.

9. Memberikan Pelayanan Darurat Selama 24 Jam

Kita perlu memastikan diri kita aman kapan pun dan di mana pun. Namun, bagaimana kalau kita tertimpa musibah saat tengah malam? Tenang, perusahaan asuransi akan siap siaga untuk memberikan pelayanan darurat selama 24 jam, terlebih jika nasabahnya membutuhkan bantuan medis.

Liburan Aman dengan Asuransi Perjalanan

Manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan membuat kita merasa lebih aman dan nyaman sewaktu berlibur. Jika Anda merencanakan destinasi liburan yang jauh, memiliki asuransi perjalanan itu wajib hukumnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini