KATA MEREKA: Penerimaan CPNS Dibuka Lagi, Masyarakat Minta Lebih Sering

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 07 320 1841370 kata-mereka-penerimaan-cpns-dibuka-lagi-masyarakat-minta-lebih-sering-ta4vu67BL9.jpg Kata Mereka. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (PAN-RB) Pemerintah akan kembali membuka penerimaan Calo Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2018. Pembukaan lowongan ini rencananya dibuka untuk formasi pegawai di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman mengatakan, penerimaan CPNS tahun ini akan diprioritaskan untuk mengisi jabatan guru dan pegawai medis. Menurutnya, kedua posisi tersebut adalah posisi yang penting dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

Selain kedua posisi tersebut, ia juga mengatakan ada beberapa posisi dan jabatan yang akan menjadi prioritas CPNS 2018. Posisi tersebut adalah posisi yang strategis untuk menunjang dan mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Lantas, bagaimana masyarakat menanggapi penerimaan CPNS yang akan dibuka kembali pada 2018 ini? Mari kita simak pendapat beberapa masyarakat di bawah ini.

Annisa Rista, Guru

Menurut saya sangat bagus dengan dibuka kembali penerimaan CPNS 2018 ini. Dengan dibukanya kembali kan ini bisa menyerap lulusan baru juga jadi ya sangat baguslah menurut saya. Kalau masalah CPNS 2017 kemarin juga pelaksanaannya sudah bagus. Ya semakin sering semakin baguslah untuk serap mahasiswa yang baru lulus juga.

Trio, Karyawan Swasta

Menurut saya kalau tahun ini penerimaan CPNS kembali digelar bagus karena masih banyak angkatan siap kerja di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan. Dengan adanya lowongan CPNS berarti lapangan kerja yang terbuka bertambah. Banyak orang yang sudah lulus mengenyam pendidikan, tapi masih menganggur karena terbatasnya kesempatan kerja.

Kalau masalah CPNS tahun lalu itu menurut saya penerimaannya sudah berjalan baik karena seleksinya dilakukan secara ketat. Sejauh yang saya tahu, kecurangan yang terjadi saat proses seleksi 2017 bisa diatasi dengan baik dan memberikan efek jera sehingga akan mengurangi niat calon peserta yang mau melakukan kecurangan.

Freditha, Mahasiswa

Penerimaan CPNS 2018 ini saya sangat setuju dan bagus sekali karena itu kan bakal membuka peluang pekerjaan untuk orang banyak. Tugas BKN bakal keteteran karena CPNS periode pertama kemarin kan SKnya tertunda terus periode kedua juga tertunda. Ya baguslah pokoknya penerimaan CPNS 2018 ini. Saya support terus pemerintah dalam usaha untuk menyerap tenaga kerja.

Mutiara, Guru

Menurut saya bagus sekali dengan dibukanya kembali penerimaan CPNS 2018 ini. Lebih baik lagi kalau pembukaan ini dilakukan sesering mungkin agar orang-orang yang gagal di seleksi sebelumnya bisa mencoba lagi dan mendapat kesempatan lagi.

Kalau untuk penerimaan CPNS 2017, saya sejujurnya tidak terlalu mengikuti ya bagaimana berlangsungnya, hasilnya, dan segalanya. Namun, ya semakin sering semakin baik pokoknya untuk beri lebih banyak kesempatan ke masyarakat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini