nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Rini Ungkap 3 BUMN Segera Terbitkan Global Bonds

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 12:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 278 1841604 menteri-rini-ungkap-3-bumn-segera-terbitkan-global-bonds-JyarpZMlUS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan ada tiga lagi perusahaan BUMN yang akan menerbitkan Global Bonds berdenominasi Rupiah.

Adapun Global IDR Bonds merupakan surat utang atau obligasi terbitan institusi Indonesia yang dijual dan dicatatkan di luar negeri dengan denominasi Rupiah. Hingga saat ini sudah ada satu perusahaan berplat merah yang telah menerbitkan Global IDR Bonds yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

Jasa marga telah sukses menerbitkan Komodo Bond di London Stock Exchange (LSE) senilai Rp4 triliun yang berjangka waktu tiga tahun dengan memberikan bunga sebesar 7,5% per tahun.

Baca Juga: Jasa Marga Akan Terbitkan Project Bond Tahun Ini

Sementara, total permintaan investor mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga empat kali yakni ternyata mencapai Rp15 triliun. Hal ini menunjukkan minat terhadap Global IDR Bond sangat tinggi.

Menengok kesuksesan ini Rini ‎menyatakan, masih ada tiga perusahaan plat merah lagi yang akan menjalankan penerbitan Global IDR Bonds.

"Masih ada, mungkin tiga perusahaan BUMN lagi yah ‎(penerbitan Global IDR Bonds)," ungkap Rini di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Adapun Rini masih bungkam terkait perusahaan milik negara yang ingin menerbitkan Gobal IDR Bonds.

"Saya tidak boleh ngomong sekarang," ujar dia.

Baca Juga: Komodo Bond Jasa Marga Resmi Tercatat di London Stock Exchange

Terkait perusahaan BUMN yang akan melakukan penjualan saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia, Rini mengatakan masih akan ada pada tahun ini, namun pada anak perusahaan BUMN.

"Masih kita lihat jumlahnya, anak-anak BUMN ada yang IPO, bukan perusahaan BUMN-nya," pungkas dia.

Adapun sepanjang tahun 2017, ada empat anak perusahaan BUMN yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, antara lain, PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk, PT PP Presisi Tbk, PT Wijaya Karya Gedung Tbk , dan PT Jasa Armada Tbk.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini