Mau Investasi Menguntungkan? Ikuti 6 Tips Investasi Berikut Ini

Agregasi Senin 08 Januari 2018 22:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 08 320 1841545 mau-investasi-menguntungkan-ikuti-6-tips-investasi-berikut-ini-IdyLGfrVBT.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Investasi merupakan cara paling tepat untuk memperbesar pundi-pundi rupiah. Banyak orang kaya menjadi lebih kaya karena investasi. Kita sering kali tergiur dengan tawaran investasi yang menguntungkan.

Bahkan, ada tawaran investasi dengan modal sedikit bisa mendapatkan untung yang luar biasa dalam waktu singkat. Produk investasi tidak pernah menjanjikan hal yang demikian. Tingkat keuntungan yang diperoleh biasanya tergantung dari laju pertumbuhan ekonomi dan seberapa besar dana yang diinvestasikan. Jika Anda ingin investasi yang menguntungkan, ikuti tips-tipsnya berikut ini.

1. Pilih Investasi Sesuai Kebutuhan

Sebelum berinvestasi, coba renungkan apa yang menjadi tujuan Anda saat berinvestasi. Apakah tujuan tersebut untuk jangka pendek, menengah, atau jangka panjang? Apabila tujuannya jangka pendek, ada baiknya berinvestasi di saham. Lain halnya jika tujuan investasi jangka panjang, yang mana tujuannya untuk persiapan atau bekal pada hari tua.

Selain itu, kenali risiko dari setiap produk investasi. Sebut saja saham yang nilai risikonya cukup tinggi. Namun, tingkat keuntungan yang ditawarkan juga lumayan besar. Apabila Anda termasuk risk taker, tempatkanlah dana di investasi yang berisiko. Sebaliknya, kalau Anda masih pemula, lebih baik berinvestasi di instrumen yang aman-aman saja, seperti deposito.

2. Mulai Investasi dengan Modal Kecil

Banyak orang beranggapan kalau investasi harus dimulai dengan modal besar. Hal ini tentu tidak benar, mengingat investasi dapat dimulai hanya dengan modal Rp100 ribu. Dengan modal kecil tersebut, Anda sudah bisa disebut sebagai pemilik perusahaan karena telah menanamkan modal di perusahaan tersebut.

Investasi modal kecil dapat bertumbuh menjadi besar kalau Anda serius menekuni dunia investasi. Pahami setiap pergerakan saham dan belajarlah ilmu saham secara intensif untuk mengurangi kerugian yang terjadi pada masa depan. Juga belajar dari para investor senior yang sudah lebih berpengalaman di bidangnya.

3. Pilih Investasi Berbiaya Rendah

Keuntungan yang didapatkan dari investasi tidak mutlak akan menambah saldo investasi. Pasalnya, setiap kali penarikan tunai, nasabah akan dikenakan biaya administrasi alias pemotongan. Setiap perusahaan sekuritas memiliki biaya potongan yang cukup beragam. Karena itu, selidikilah sekuritas mana yang menawarkan investasi biaya rendah. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh juga semakin optimal.

4. Amati Grafik Pertumbuhan Investasi

Laju investasi mengalami pergerakan yang cukup signifikan. Dalam waktu 1 menit saja, harga yang tadinya Rp5.000 bisa menjadi Rp5.500. Laju pertumbuhan inilah yang harus Anda waspadai, mengingat pertumbuhan harganya tidak selalu naik.

Apa pun investasi yang Anda pilih, amati laju pertumbuhannya sesering mungkin. Hal ini juga akan membantu ketika Anda ingin mengambil keputusan saat berinvestasi. Misalnya, apakah ingin lanjut di produk investasi tersebut atau malah berpindah ke instrumen investasi lain.

5. Menempatkan Dana ke Beberapa Instrumen Investasi

Instrumen investasi tidak hanya sebatas saham. Ada juga reksa dana, deposito, emas, properti, dan lain-lain. Setiap produk investasi tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Begitu juga dengan tingkat pertumbuhan investasinya.

Agar investasi memberikan hasil yang maksimal, jangan pernah terfokus hanya pada satu instrumen investasi. Sebaiknya, tempatkanlah dana ke beberapa produk investasi yang menguntungkan dan pastinya tahan terhadap laju pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

6. Pilih Investasi yang Kebal Terhadap Inflasi

Ada beberapa instrumen investasi yang layak dijadikan pilihan. Sebut saja reksa dana, obligasi, saham, deposito, properti, valas, dan emas. Namun, tidak semua instrumen investasi kebal terhadap laju inflasi. Artinya, nilai yang diinvestasikan akan menurun, terutama jika perusahaan mengalami keterpurukan ekonomi selama masa inflasi. Karena itu, cermati dan cari tahu secara mendalam instrumen-instrumen investasi yang ada.

Aset Tumbuh dalam Hitungan Jari

Produk investasi tentu lebih menguntungkan apabila Anda menguasai ilmu-ilmu investasi secara mendalam. Karena itu, luangkan waktu untuk mempelajari ilmunya agar pengetahuan Anda tentang investasi juga meningkat. Alhasil, aset yang diinvestasikan dapat tumbuh dalam hitungan jari saja. Mau? Berinvestasilah mulai dari sekarang. Semakin cepat memulai, kemungkinan untung juga semakin besar.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini