nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Pembangunan DKI, Menteri Rini dan Sandiaga Uno Inginkan Sinergi BUMN dan BUMD

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 10:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841532 percepat-pembangunan-dki-menteri-rini-dan-sandiaga-uno-inginkan-sinergi-bumn-dan-bumd-Ng4Ai1pGAl.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno membahas sejumlah pembangunan infrastruktur kawasan transit terpadu.

Sandiaga menjelaskan pembahasan dengan Menteri BUMN adalah seputar percepatan pembangunan DKI Jakarta dengan melibatkan sinergi antara BUMN, Pemprov DKI Jakarta, dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) DKI Jakarta.

Baca Juga: Hunian Transit Oriented Development, Ikon Kota Metropolitan

"Ada beberapa gagasan, ada beberapa on going project yang akan didorong untuk direalisasikan dalam waktu cepat untuk percepatan pembangunan di DKI. Bagaimana kita bisa menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan," jelas Sandi di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Proyek yang yang dimaksud yakni pembangunan kawasan transit oriented development (TOD). Rencanya pembangunan infrastruktur rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa terintegrasi di kawasan TOD.

Baca Juga: Sandiaga: Transit Oriented Development Adalah Strategi Jangka Panjang

"Juga ada beberapa proyek yang membantu konektivitas daripada warga, khususnya warga Jakarta. Tapi lebih diarahkan kepada pembahasan bagaimana mengintegrasikan Stasiun Gambir dan Stasiun Juanda. Bagaimana mengakselerasi pembangunan di Stasiun Tanah Abang, di Stasiun Manggarai, Stasiun Senen, Stasiun Jatibaru. Itu yang menjadi prioritas kami," beber Sandi.

Dia menyatakan, dalam proyek ini Pemprov DKI Jakarta sendiri akan banyak terlibat baik dalam regulasi, perizinan pembangunan, hingga integrasi antar transportasi di Jakarta.

Baca Juga: Beli Rumah di Daerah Penyangga Bisa Jadi Pilihan Generasi Milenial

"Pemprov juga ingin terlibat dari segi penyediaan rumah dengan harga terjangkau. Mungkin sebagian bisa ada yang dengan rumah DP nol rupiah. Juga kita juga ingin keterlibatan BUMD," ujar dia.

Pembahasan ini dilakukan saat keduanya jogging berkeliling Monumen Nasional (Monas). Selanjutnya, pembahasan juga berlanjut dengan sarapan bersama di sebuah restoran di kawasan Pacenongan, Jakarta Pusat. Olahraga pagi ini juga diikuti sejumlah  direktur utama (Dirut) dari perusahaan BUMN.


Diantaranya Dirut PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra, Dirut PT PP (Persero) Tumiyana, Dirut PT Perum Perumnas Bambang Triwibowo, Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, serta Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Bintang Perbowo.

(ulf)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini