nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Rini dan Sandiaga Uno Sepakat Jadikan Kawasan Industri Pulogadung Green Economy

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 11:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841558 menteri-rini-dan-sandiaga-uno-sepakat-jadikan-kawasan-industri-pulogadung-green-economy-xQswFlfubP.jpg Kawasan Industri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sepakat untuk mengubah konsep kawasan industri Pulogadung yang dikelola oleh PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP).

Keduanya menginginkan, kawasan industri Pulogadung memiliki konsep ekonomi berwawasan ramah lingkungan atau green economy.

Baca Juga: Akhir Bulan, Menko Luhut Bakal "Sulap" Bekasi hingga Purwakarta Jadi Kawasan Khusus

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan, baik Rini maupun dirinya, memiliki pemikiran yang sama untuk menjadikan kawasan industri Pulogadung berbasis green economy. Artinya, selain fokus kepada peningkatan kegiatan perekonomian, perusahaan yang berada di kawasan tersebut, harus menjalankan konsep ramah lingkungan.

Selain itu, keduanya juga mendorong kawan industri Pulogadung menjadi pusat industri yang berbasis ekonomi digital serta memiliki konektivitas dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi Jakarta lainnya.

Baca Juga: Menteri Bambang: Amanat Menko Luhut, Dibentuk Kawasan Industri Bekasi, Karawang dan Purwakarta

"Kita yakin bahwa dengan kerjasama yang lebih baik ke depan Pulogadung ini akan menjadi pusat pertumbuhan baru di Jakarta," ujarnya di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Hal tersebut, dibahas oleh Menteri Rini dan Sandiaga Uno saat melakukan jogging bersama di kawasan Monumen Nasional (Monas). Di samping itu, keduanya juga membahas rencanya pembangunan infrastruktur rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa terintegrasi di kawasan transit oriented development (TOD).

Sandiaga menjelaskan, pembahasan dengan Menteri BUMN adalah seputar percepatan pembangunan DKI Jakarta dengan melibatkan sinergi antara BUMN, Pemprov DKI Jakarta, dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) DKI Jakarta.

"Ada beberapa gagasan, ada beberapa on going project yang akan didorong untuk direalisasikan dalam waktu cepat untuk percepatan pembangunan di DKI. Bagaimana kita bisa menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan," jelas Sandi.

Sekadar informasi, Olahraga pagi ini juga diikuti sejumlah direktur utama (Dirut) dari perusahaan BUMN.

Baca Juga: Wah, Bekasi-Karawang-Purwakarta Bakal Jadi Kawasan Metropolitan

Di antaranya Dirut PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra, Dirut PT PP (Persero) Tumiyana, Dirut PT Perum Perumnas Bambang Triwibowo, Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, serta Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Bintang Perbowo.


(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini