Image

Gedung DPR Disebut Miring, Menteri Basuki: Faktor Keamanan dan Keselamatan Masih Oke!

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 13:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841676 gedung-dpr-disebut-miring-menteri-basuki-faktor-keamanan-dan-keselamatan-masih-oke-Cz8Y5kQkYU.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

KUPANG - Dalam rekomendasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih layak dan aman digunakan.

Ada tiga poin yang ditekankan Kementerian PUPR, yakni keamanan, keselamatan dan kenyamanan. Untuk keamanan dan keselamatan masih dalam kategori oke, sedangkan kenyamanan memang berkurang.

 Baca juga: Gedung DPR Disebut Miring, Menteri Basuki: Faktor Keamanan dan Keselamatan Masih Oke!

Hal ini disebabkan bertambahnya staf untuk satu orang anggota DPR. Tercatat, saat ini satu orang anggota DPR memiliki tujuh orang staf, berbeda dengan sebelumnya yang hanya tiga orang staf.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mempunyai opsi untuk mengakali berkurangnya kenyamanan Gedung DPR karena bertambahnya staf.

 Baca juga: Menteri Basuki: Gedung DPR Masih Tegak dan Aman Dipakai

"Ini ada beberapa opsi, bisa diakali dengan mengurangi tenaga ahli atau menambah ruangan, tapi lihat juga dampaknya kurangi tenaga ahli," papar Basuki di Kupang, Senin (8/1/2018).

Basuki menambahkan, dari sisi keamanan dan keselamatan tidak ada masalah walau sebelumnya marak beredar kabar gedung ini miring. “Saya kira keamanan oke, enggak ada masalah. Keselamatan lift dan sebagainya juga masih oke," sambungnya.

Namun dari sisi kenyamanan kata Basuki mungkin berkurang. "Kalau mau bangun, tapi gedung sekarang masih dipakai. Rekomendasi Kami optimalkan gedung yang ada. Enggak perlu baru juga," jelas Basuki.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekomendasi soal renovasi gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Nantinya rekomendasi yang diselesaikan tim PUPR ini akan dikirimkan ke Sekretariat Jenderal DPR dalam waktu dekat.

"Tinggal kirim surat resminya aja. Ada tiga poin, keamanan, keselamatan dan kenyamanan," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini