nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Gedung di Jakarta yang Disebut Miring, Termasuk Gedung DPR

Anisa Anindita, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 06:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841883 daftar-gedung-di-jakarta-yang-disebut-miring-termasuk-gedung-dpr-sWkfOS9R1y.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mengenai kondisi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang miring sekitar 7 derajat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekomendasi soal renovasi gedung tersebut. Dalam waktu dekat, rekomendasi tersebut akan diselesaikan oleh tim PUPR kemudian akan dikirimkan ke Sekretariat Jenderal DPR.  

"Tinggal kirim surat resminya saja. Ada tiga poin, keamanan, keselamatan dan kenyamanan," beber Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/1/2018).

Lalu, gedung-gedung mana saja yang mengalami kemiringan?

1.Menara Saidah

Berdasarkan informasi, nama Menara Saidah berasal dari nama pemilik gedung setinggi 28 lantai tersebut, yakni Saidah Abu Bakar Ibrahim. Gedung 18 lantai tersebut dibangun oleh kontraktor BUMN, PT Hutama Karya (Persero) selama 3 tahun dari 1995-1998.

Gedung yang semula memiliki 18 lantai, ditambah lagi menjadi 28 lantai. Dalam renovasi itu, sejumlah patung-patung bernuansa zaman Romawi didatangkan langsung dari Italia. Dengan eksterior bergara Romawi, interior lebih condong bergaya Las Vegas.

Baca Juga: Gedung DPR Disebut Miring, Menteri Basuki: Faktor Keamanan dan Keselamatan Masih Oke!

Pada akhirnya, semua kemewahan itu redup seiring penutupan gedung itu pada tahun 2007. Adapun alasan tutup dikarenakan mengalami kemiringan akibat gagalnya konstruksi. Namun, isu itu langsung ditepis oleh pengelola Gedung Menara Saidah, Dami Okta, bahwa Menara Saidah memang sengaja dikosongkan karena sudah habis masa sewa tennant-nya.

2. Gedung DPRD DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan laporan bahwa dinding yang berada di lantai 11 Gedung DPRD DKI Jakarta mengalami keretakan dan miring hingga 20 derajat.

Sekretaris Dewan DPRD DKI jakarta Muhammad Yuliadi mengatakan bahwa Sekretaris Daerah DKI Ahmad Saefullah telah meminta agar seluruh bagian di Gedung DPRD diperiksa lagi agar tidak terjadi kejadian miring dan retak kembali. Sedangkan, Kepala Biro Umum Pemprov DKI Jakarta Firmansyah menduga penyebab menggelembungnya Gedung DPRD adalah dikarenakan getaran dari pipa-pipa yang mengalirkan udara pendingin. Maka dari itu, saat ini diupayakan diikat guna penguatan.

Baca Juga: Menteri Basuki: Gedung DPR Masih Tegak dan Aman Dipakai

3.Gedung DPR RI

Kementerian PUPR menyatakan bahwa Gedung Dewan Perwakilan Rakyat masih layak pakai. "Jika dibandingkan dengan Menara Saidah, Menara Saidah baru miring, ini DPR masih tegak," kata Basuki di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/1/2018).

Sebelumnya, Gedung DPR diklaim mengalami kemiringan sekitar 7 derajat sehingga diusulkan untuk direnovasi. Sebagai informasi bahwa gedung yang dibilang miring adalah Nusantara I, yang terdiri dari ruangan fraksi-fraksi, serta beberapa ruang rapat komisi. Bahkan, anggaran DPR mengalami kenaikan hingga Rp5,7 triliun, salah satunya untuk merenovasi gedung.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini